Sukses

Top 3 Tekno: Sosok Rahasia di Balik Terciptanya GPS Bikin Penasaran

Berikut rangkuman lengkap ketiga berita Tekno Liputan6.com edisi Senin (11/3/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti pernah mendengar istilah GPS atau Global Positioning System. Berkat GPS, kini dengan menggunakan smartphone dengan akses internet, kamu bisa mengetahui posisi dimana kamu sedang berada.

Namun, tahukah kamu siapa penemu teknologi GPS? Sayangnya, banyak yang tidak tahu jika GPS ditemukan oleh seorang perempuan.

Ya, dia adalah Gladys West. Sosoknya dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

Artikel di atas, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (11/3/2019). 

Selain itu, ada dua artikel lain yang tak kalah populernya, yakni soal gelaran LG InnoFest 2019 yang mengusung tema kunci kecerdasan buatan dan kisah bocah 14 tahun yang menciptakan reaktor nuklir sendiri.

Lebih lengkap, simak rangkuman ketiganya berikut ini.

1. Ini Dia Sosok Rahasia di Balik Terciptanya GPS

Ya, dia adalah Gladys West. Sosoknya dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

West bekerja dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada 1950-an hingga 1960-an.

Kiprah sekelompok perempuan cerdas ini pernah diangkat dalam film berjudul Hidden Figures. Sayang, sosok West tak tampil dalam film drama ini.

Dikutip dari The Hill, sebagai pakar matematika, West bekerja dengan dunia militer sebelum masuknya sistem gelombang elektronik.

West masuk ke penelitian di bidang militer pada 1956. Di tahun itu pula dia meraih penghargaan karena meneliti keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus.

Selengkapnya baca di sini

2. Kecerdasan Buatan Jadi Kunci LG InnoFest 2019 di Sydney

Perusahaan asal Korea Selatan, LG Electronics kembali menggelar hajatan tahunan LG InnoFest. Kali ini, acara tersebut digelar di Sydney, Australia, 11-14 Maret 2019.

LG InnoFest 2019 digadang-gadang akan menampilkan sejumlah teknologi cerdas dengan berfokus untuk meningkatkan gaya hidup pengguna.

"LG InnoFest 2019 akan menekankan teknologi pintar yang dapat meningkatkan gaya hidup masyarakat. Ini akan menjadi acara spesial untuk merayakan pencapaian dan kontribusi kami sepanjang tahun ini," ujar Steve Song, Asia Regional CEO LG Electronics via email, Senin (11/3/2019).

Festival teknologi tingkat Asia Pasifik tersebut memamerkan sejumlah produk LG yang dibekali kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang diimplementasikan oleh platform terbuka, ThinQ.

Selengkapnya baca di sini

3. Keren, Bocah 14 Tahun Ciptakan Reaktor Nuklir Sendiri

Ada bocah asal Memphis, Tennessee, Amerika Serikat(AS), yang berbeda dengan anak kebanyakan.

Jika anak seusianya menghabiskan waktu dengan bermain video game atau melihat televisi, bocah bernama Jackson Oswalt ini punya kesibukan sendiri.

Kesibukannya bahkan melampaui usianya. Bocah berusia 14 tahun tersebut, berhasil membangun reaktor nuklir mini yang diletakkan di ruang bermain di rumahnya.

Dikutip dari Science Alert, Oswalt dijuluki sebagai insinyur nuklir termuda. Dia mulai membangun reaktor nuklir mandirinya sejak berusia 12 tahun.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.