Sukses

Harga HP Nokia 105 dan Spesifikasinya, Ponsel Jadul yang Diproduksi Kembali

Selain 3310, Nokia juga kembali mengeluarkan Nokia 105.

Liputan6.com, Jakarta Nokia sendiri merupakan sebuah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia. Selain itu, Nokia merupakan perusahaan besar di Finlandia. Tepatnya kantor pusat dari Nokia Corporation ini terletak di kota Espoo, Finlandia.

Vendor Nokia sendiri telah lama masuk dalam pasa Indonesia. Hal ini dikarenakan Nokia sendiri sering memproduksi sebuah ponsel untuk seluruh pasar dunia dan juga protokot utama seperti GSM, CDMA dana W-CDMA. Selain itu, ponsel-ponsel lawas yang ada di Indonesia pun tak bisa lepas dari nama Nokia.

Bahkan, perusahaan asal Finlandia ini kembali memproduksi ponsel. Setelah sebelumnya nama Nokia kalah dengan para pesaingnya, akan tetapi Nokia tetap berusaha mempertahankan pasar miliknya.

Pada awal 2017 lalu pun Nokia kembali mengeluarkan sebuah ponsel yang cukup klasik. Salah satu ponsel yang kembali di produksi ialah tipe Nokia 3310.

Ternyata selain mengeluarkan Nokia 3310, pihak Nokia pun kembali mengeluarkan ponsel Nokia 105. Harga Nokia 105 ini tentu saja ramah kantong.

Harga Nokia 105 pada awal keluar sebelumnya memang relatif mahal. Akan tetapi dengan perkembangan zaman dan juga teknologi Nokia 105 pun bisa dijangkau oleh segala kalangan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/2/2019) telepon genggam Nokia 105 ini pun tak banyak mengalami perubahan. Dengan harga Nokia 105 yang cukup murah, perbedaan yang nampak ialah pada tampilannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Desain Ponsel

Dengan harga Nokia 105 yang sangat murah, ponsel ini pun memiliki dimensi 112 x 49.5 x 14.4 mm dengan berat mencapai 73 gram. Desain pada Nokia 105 2017 ini pun cenderung klasik.

Selain itu body ponsel ini pun masih menggunakan material plastik dan karet untuk melindungi sisinya. Tentu saja ini bisa membuat kamu nyaman saat menggenggamnya. Selain nyaman dalam genggaman, dengan berat yang hanya 73 gram ini membuat ponsel Nokia 105 mudah dibawa kemana pun kamu pergi.

Selain itu, meski harga Nokia 105 cukup terjangkau, akan tetapi kamu masih bisa untuk memilih warnanya. Nokia 105 2017 ini pun memiliki tiga pillihan warna, yaitu hitam, biru dan putih.

Pada bagian layar dari Nokia 105 ini memiliki tipe layar TFT dengan ukurannya 1.4 inchi. Selain itu layar dari Nokia 105 ini memiliki resolusi sebesar 120 x 160 pixel dengan kepadatan layar 143 ppi. Tentu saja ini sebandingan dengan harga Nokia 105 yang ditawarkan.

3 dari 6 halaman

Hardware Nokia 105

Bisa dibilang sebagai ponsel jadul, Nokia 105 ini pun hanya memiliki kapasitas RAM sebanyak 4 MB saja. Nokia 105 ini pun sepertinya hanya dibekali dengan komponen sederhana. Karena fungsi pada Nokia 105 ini lebih banyak digunakan untuk menelpon dan juga mengirim pesan singkat atau SMS.

Begitu pula dengan memory internal yang dimiliki, yaitu 4 MB. Selain itu, ponsel ini juga tak memiliki slot untuk memory eksternal. Pada memori internal Nokia 105 ini kemungkinan hanya mampu digunakan sebagai penyimpanan kontak. Tentu saja dengan memory yang sangat sedikit kamu tidak bisa menggukan untuk menyimpan file hiburan lainnya.

4 dari 6 halaman

Konektivitas dan Baterai

Harga Nokia 105 yang murah dan berfungsi sebagai pengirim pesan singkay serta menelpon inilah yang membuat Nokia 105 tidak dilengkapi dengan konektivitas yang mumpuni.

Tak seperti ponsel keluaran terbaru di mana para vendor berusaha untuk meningkatkan kualitas konektivitas. Harga Nokia 105 pun disesuaikan dengan fasilitas yang ada.

Meskipun tidak memiliki konektivitas mumpuni, akan tetapi Nokia 105 ini telah dibekali dengan fasilitas Dual SIM Card. Tentu saja ini bisa membuat kamu memakai SIM card berbeda dalam satu ponsel.

Selain itu, Nokia 105 pun hanya dilengkapi dengan microUSB 2.0 yang berfungsi sebagai tempat pengisian daya. Fitur hiburan yang tersedia pada ponsel ini pun hanya FM Radio serta permainan bawaan yang ada pada Nokia 105.

Baterai yang dimiliki oleh Nokia 105 2017 ini memiliki tipe Li-Ion atau Lithiun Ion dengan kapasitas 800 mAh. Namun sama seperti ponsel jadul lainnya, meski dengan daya 800 mAh, akan tetapi kamu tak perlu untuk sering mengisinya. Selain itu, baterai dari Nokia 105 ini pun termasuk dalam sejenis yang bisa kamu lepas pasang atau tipe removable.

Selain itu, jaringan yang dimiliki oleh Nokia 105 2017 ini pun hanya bisa mencapai GSM. Atau bisa dikenal dengan jaringan 2G GSM 900 / 1800 khusus untuk dual Sim only serta GSM 850 / 1900.

Selain itu, kartu sim yang bisa kamu gunakan pada ponsel ini ialah micro SIM. Tentu ini sama seperti saat kamu menggunakan ponsel smartphone. Karena memang saat ini sebagian besar ponsel yang ada di Indonesia menggunakan Micro SIM.

5 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap ponsel tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan Nokia 105 2017. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, akan tetapi ponsel ini juga memiliki kelebihan, di antaranya.

Kelebihan:

- Support Dual SIm

- Jaringan GSM untuk menelpon dan berkirim pesan singka

t- Layar 1.4 inshi dengan resolusi 120 x 160 pixel-

Micro USB serta lubang headset

 

Kekurangan:

- Layar TFT

- Tidak ada slot untuk microSD

- Tidak memiliki fitur fotografi dan penampilan musik

6 dari 6 halaman

Harga Nokia 105

Dengan segala spesifikasi dan kulaitas yang dimiliki oleh ponsel ini, harga Nokia 105 termasuk sangat murah. Telpon genggam ini pun hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 300 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.