Sukses

Tak Mau Ketinggalan, Oppo Ikut Pamer Smartphone Layar Lipat

Smartphone layar lipat ini diungkap oleh VP Oppo Brian Shen melalui akun Weibo beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Langkah sejumlah vendor yang memperkenalkan smartphone layar lipat besutannya ternyata diikuti oleh Oppo. Meski tidak diungkap dalam ajang besar, perusahaan asal Tiongkok itu ikut memperkenalkan produknya.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (25/2/2019), smartphone layar lipat ini diungkap oleh VP Oppo Brian Shen lewat Weibo. Dalam unggahannya, dia menampilkan smartphone layar lipat yang sedang dikembangkan Oppo.

Secara tampilan, smartphone layar lipat Oppo ini memiliki desain yang mirip Huawei Mate X. Jadi, perangkat ini memiliki sebuah layar besar yang dapat dilipat menjadi ke dua sisi.

Hal lain yang membuatnya mirip dengan Huawei Mate X adalah keberadaan handle yang ada di ujung perangkat. Pada bagian handle ini terletak kamera yang disusun secara vertikal dan logo perusahaan.

Sayang, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi smartphone ini. Brian menulis, perangkat ini hanya merupakan unit demo, sehingga perusahaan belum berencana untuk merilisnya ke publik.

Kendati demikian, Brian sempat menanyakan dalam unggahannya menanyakan seberapa ingin publik melihat smartphone ini hadir di pasaran. Karenanya, menarik untuk menunggu langkah Oppo selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Huawei Mate X Resmi Meluncur, Harganya?

Sebelumnya, Huawei juga baru saja memperkenalkan smartphone layar lipat besutannya, yakni Mate X saat ajang Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol.

Mengutip laman The Verge, Minggu (24/2/2019), Huawei Mate X memiliki layar OLED 8 inci, ketebalan 11mm saat dilipat, mengadopsi jaringan 5G, baterai 4.500mAh, dan prosesor Kirin 980.

Layar OLED-nya memiliki tiga fungsi. Ketika perangkat dilipat, kamu seakan-akan memiliki smartphone dua layar (depan dan belakang).

Dengan layar di bagian bodi belakang, memungkinkan kamu memotret selfie dengan kamera utama atau untuk berbagi apa yang ada di layar utama dengan lawan bicara Anda.

Ketika layarnya dibentangkan, Mate X akan berubah seperti tablet dengan bentuk yang hampir persegi dengan bezel di tiga sisi.

Huawei Mate X memiliki layar utama 6,6 inci (rasio aspek 19,5:9, resolusi 2480 x 1148) saat dilipat, layar belakang 6,4 inci (25:9, 2480 x 892) saat dilipat, dan layar utama 8 inci (8:7.1, 2480 x 2200) saat dibuka atau dibentangkan.

Huawei Mate X dibanderol dengan harga 2.299 euro atau sekitar Rp 36 jutaan, dengan RAM 8GB dan memori internal 512GB. Smartphone ini rencananya akan dilepas pada pertengahan tahun ini.

3 dari 3 halaman

Galaxy Fold, Smartphone Layar Lipat Samsung

Samsung membuat kejutan besar buat hadirin di event Galaxy Unpacked 2019 di San Francisco, Amerika Serikat. Pasalnya selain merilis Galaxy S10 series, vendor smartphone Korea Selatan ini juga resmi mengumumkan smartphone layar lipat perdananya.

Perangkat tersebut diberi nama Galaxy Fold. Galaxy Fold menampilkan teknologi layar Infinity Flex 7,3 inci pertama di dunia yang bisa dilipat.

Dengan layar besar ini, perangkat makin bisa menunjang kebutuhan hiburan pengguna. Khususnya mereka yang senang menonton video, main gim, dan lain-lain.

Galaxy Fold memiliki layar 4,6 inci saat dilipat. Sementara, ketika layar dibuka, layar menjadi tablet seluas 7,3 inci.

Dengan begitu, Galaxy Fold tetap bisa dikantongi saat menjadi smartphone berukuran 4,6 inci.

Untuk memastikan performa berjalan lancar, termasuk saat membuka tiga aplikasi secara bersamaan, Samsung melengkapi Galaxy Fold dengan chipset AP (64-bit octa-core) generasi terbaru yang memiliki tenaga tinggi. Pasalnya, prosesor ini diproses dengan teknologi 7nm.

Galaxy Fold juga ditopang RAM 12GB dan memori internal 512GB yang performanya diklaim menyerupai PC.

Baterai Galaxy Fold pun dirancang sebagai baterai ganda khusus untuk mengimbangi kebutuhan pengguna. Smartphone ini memiliki kapasitas sebesar 4.380mAh.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.