Sukses

Smartphone 5G Pertama Oppo Bakal Pakai Prosesor Snapdragon 855

Presiden Qualcomm Cristiano Amon mengungkapkan ponsel 5G terbaru bakal memakai prosesor Snapdragon 855

Liputan6.com, Barcelona - Tahun 2019 bisa dibilang tahunnya 5G. Tak ingin ketinggalan dengan tren tersebut, vendor smartphone terbesar kelima di dunia, Oppo ikut ambil bagian.

Dalam Innovation Event 2019 di Barcelona, Oppo memperkenalkan ponsel 5G pertama mereka. Diklaim, ponsel 5G akan mengubah hidup konsumen lewat video call 3D, cloud gaming 5G, berbagai fitur permainan AR/VR, hingga kemampuan berbelanja yang terintegrasi dengan bantuan AR.

"5G adalah game changer. Untuk Oppo, kami sepenuhnya menyadari tren ini," ungkap Director of Standars Research Oppo, Henry Tang, di Barcelona, Sabtu (23/2/2019) waktu Spanyol.

Untuk memantapkan komitmen tersebut, Oppo menjalin kemitraan dengan sejumlah operator telekomunikasi besar dunia, seperti Swisscomm, Telstra, Optus, serta Singtel. Tak lupa, Oppa juga bermitra dengan produsen cip dunia, Qualcomm.

Presiden Qualcomm, Cristiano Amon, memuji kemitraan antara perusahaannya dengan Oppo. Untuk itu, ia berharap kerja sama dengan Oppo dapat membantu mewujudkan potensi 5G itu sendiri.

"Untuk pembuatan chip Soc terbaru, Snapdragon 855 akan mengambil alih kemudi ponsel terbaru Oppo. Teknologi tersebut dilengkapi dengan modem X50 5G, juga telah terintegrasi dengan pemancar RF, dan RF Front-End" ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penelitian sejak 2015

Oppo sendri telah memulai penelitian 5G sejak 1 April 2015 dengan membentuk tim standardisasi. Kemudian pada 6 Desember 2018, perusahaan ini menguji kinerja prototip 5G berdasarkan ponsel flagship mereka pada saat itu, Oppo Find X.

Untuk tahun 2019 sendiri, Tang menyebutkan perusahaan berencana untuk berinvestasi sekitar US$ 1,5 miliar dalam penelitian dan pengembangan, berfokus pada 5G, Artificial Intelijen (AI), pencitraan, dan desain platform.

Lewat investasi tersebut, ia memastikan Oppo akan memproduksi ponsel yang dapat mengakomodasi keinginan konsumen atas fitur dan manfaat 5G.

(Sulung/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.