Sukses

PSG Resmi Gandeng RRQ untuk Bertanding di MPL Season 3

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri, Mobile Legends, gim multiplayer online battle arena (MOBA) buatan Moonton ini memang sangat populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Hal itu terbukti ketika salah satu klub sepak bola raksasa Eropa, Paris Saint-Germain (PSG), resmi berkolaborasi dengan tim esports terkemuka di Indonesia, yakni Rex Regum Qeon (RRQ).

Melalui divisi esports, yakni PSG Esports, tim yang berkiprah di Ligue 1 tersebut bakal mendukung tim RRQ divisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Kolaborasi PSG dan tim berjuluk "Sang Raja" itu memang menjadi kejutan yang luar biasa bagi ranah esports di Tanah Air.

Sebastian Wasels, Managing Director PSG Asia Pasifik, mengungkapkan, keputusan pihaknya masuk ke dunia esports Indonesia sudah melalui riset yang cukup panjang.

 

2 dari 3 halaman

Sudah Pantau dari Tahun Lalu

Mobile Legends dikonfirmasi jadi salah satu judul gim esports yang dipertandingkan di SEA Games 2019. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Sejak tahun lalu, pihak PSG Esports langsung memantau, mengumpulkan data yang berujung keputusan untuk turun langsung.

"Kami memiliki kantor cabang di Singapura. Kondisi itu membuat divisi esports PSG memiliki banyak waktu. Kami sudah meneliti dan membandingkan, dan akhirnya RRQ-lah yang kami pilih," jelas Sebastian Wasels.

Pihak PSG Esports lantas memilih divisi MLBB milik RRQ. Bagi Sebastian Wasels, pilihan tersebut sangat logis, dan bisa menjadi pondasi alias pintu masuk ke arah nomor lain di pentas e-Sports.

"Mobile Legends memiliki pengguna aktif terbanyak, juga basis pemain yang luar biasa di Indonesia. Saya pikir RRQ bisa merepresentasikan hal tersebut, dan kami berharap bisa memberi warna lain bersama RRQ," sebut Sebastian Wasels.

 

3 dari 3 halaman

Kans Bagus

Hancurkan turrent milik lawan. Liputan6.com/ Yuslianson

CEO RRQ, Andrian Pauline menegaskan, kolaborasi ini bisa terbentuk karena kesamaan visi. "Kami memiliki DNA yang sama, juga visi yang identik. Kolaborasi ini tak mudah, tapi saya bangga akhirnya bisa terwujud. Tentu, sebagai kerja sama yang pertama, RRQ akan berusaha maksimal," katanya.

Andrian mengungkapkan, proses sampai realisasi kerja sama ini memakan waktu cukup lama. PSG sudah mencari partner lokal sejak Oktober 2018. Mereka melakukan survei, berinteraksi dengan beberapa nomine, dan akhirnya sepakat 'bergandengan tangan' dengan RRQ.

Bagi Andrian, keberadaan kolaborasi PSG dan RRQ bisa menjadi sinyal positif bagi kemajuan esports di Indonesia. Ia yakin, nama besar PSG akan memiliki efek magnet kuat bagi klub-klub raksasa lain untuk bekerja sama dengan tim esports di Indonesia.

Reporter: Nurfahmi Budi

Sumber: Bola.com

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

PUBG Disebut Tingkatkan Produktivitas Kerja Tim

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
64 Tim Ikut Kualifikasi Regional Piala Presiden Esport 2019 di Bali
Artikel Selanjutnya
Piala Presiden Esports 2019, Bukti Jokowi Peduli Milenial