Sukses

Susul Vendor Lain, Xiaomi Turut Kembangkan Smartphone Layar Lipat

Liputan6.com, Jakarta - Tren smartphone layar lipat diprediksi kian besar di masa depan. Alasannya, sejumlah perusahaan saat ini disebut-sebut sedang mengembangkan perangkat tersebut.

Terbaru, giliran Xiaomi yang disebut-sebut sedang mengembangkan perangkat layar lipat. Informasi ini diketahui dari video yang beredar di media sosial dan diunggah oleh Evan Blass melalui akun Twitter-nya.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (6/1/2019), dalam bagian awal video tersebut diperlihatkan sebuah perangkat tablet dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Pengguna dalam video itu pun mengoperasikannya seperti biasa.

Namun tidak lama, pengguna dalam video itu lantas melipat sisi kanan dan kiri perangkat tersebut. Hasilnya, bagian tengah perangkat tampil layaknya smartphone seperti biasa.

"Saya tidak dapat berbicara mengenai keaslian video atau perangkat ini, tapi saya diberi tahu perangkat ini dibuat Xioami. Smartphone baru atau hanya perangkat palsu," tulis akun @evleaks.

Hingga saat ini, kepastian video tersebut memang masih dipertanyakan. Kendati demikian, sejumlah pembocor smartphone kenamaan disebut-sebut juga menerima video serupa.

Terlepas dari hal tersebut, smartphone layar lipat memang sedang dikembangkan sejumlah perusahaan. Beberapa perusahaan bahkan sudah mengakuinya seperti yang dilakukan Samsung dan Huawei.

2 dari 3 halaman

Oppo Bakal Pamer Smartphone Layar Lipat di MWC 2019

Setelah Samsung memperkenalkan smartphone layar lipat perdananya beberapa waktu lalu, kini Oppo dikabarkan akan melakukan langkah serupa.

Seperti dilansir Ubergizmo, Oppo dikabarkan akan memamerkan smartphone layar lipat perdana di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 pada Februari 2018 di Barcelona, Spanyol.

"Kita tahu Samsung dan Sony juga tengah bekerja menggarap smartphone lipat, tetapi Anda bisa berharap lebih dari kami dalam hal tersebut, mungkin di MWC," ujar Chuck Wang, Product Manager Oppo Global.

Apa yang dikatakan Wang, sebetulnya tidak mengindikasikan secara pasti kalau Oppo benar-benar akan menunjukkan prototype smartphone layar lipatnya atau sekadar mematangkan wacana saja.

Yang pasti, sebuah sumber menyebut kalau Oppo sudah merampungkan paten smartphone lipat dan akan diperlihatkan dalam waktu dekat. 

3 dari 3 halaman

LG Ajukan Merek Dagang untuk Smartphone Lipat

Para vendor mulai mengajukan mereka dagang untuk smartphone lipat mereka. Setelah Huawei, kini beredar laporan yang sama tentang nama smartphone lipat LG.

Dilansir Engadget, LG mengajukan beberapa merek dagang kepada European Union Intellectual Property Office terkait smartphone pada 21 November 2018.

Tiga nama yang saat ini dilindungi LG melalui pengajuan tersebut adalah Flex, Foldi, dan Duplex.

Kendati demikian, belum bisa dipastikan LG akan menggunakan semua nama tersebut. Pengajuan merek dagang ini bisa saja sebagai bentuk pengamanan LG agar ketiganya tidak digunakan vendor lain.

Nama "Flex" sendiri sebenarnya bukan baru bagi LG. Pasalnya, perusahaan telah cukup lama memiliki smartphone dengan nama semacam itu, yakni G Flex. Di sisi lain, "Duplex" diperkirakan untuk ponsel lipat LG dengan dua layar.

Terlepas dari nama apa yang akan digunakan LG, pengajuan mereka dagang kian mengindikasikan perusahaan semakin dekat dengan peluncuran smartphone lipat.

Namun, sejauh ini belum ada konfirmasi dari vendor mana pun terkait yang akan lebih dahulu merilisnya di pasar.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Hoaks Pesan Terakhir Seorang Miliarder Bernama Steve Gouves

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ikutan Samsung dan Huawei, Google Akan Luncurkan Smartphone Layar Lipat?
Artikel Selanjutnya
Inikah Spesifikasi Xiaomi Mi 9?