Sukses

Tahun Baru 2019, Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 71,7 Persen

Jaringan Indosat Oordeoo mencatat peningkatan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan pada layanan data saat malam pergantian tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti momen perayaan lain, pergantian tahun baru juga membuat trafik layanan data meningkat signifikan.

Setidaknya, hal ini tecermin dari meningkatnya telekomunikasi di jaringan Indosat Ooredoo yang mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun 2019.

Jaringan Indosat Oordeoo mencatat peningkatan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan pada layanan data saat malam pergantian tahun.

Trafik layanan data meningkat menjadi 6.730 TeraBytes, atau naik 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa. Dibanding trafik malam puncak tahun baru sebelumnya, pertumbuhannya naik sebesar 71,7 persen.

Kenaikan trafik data ini mencapai puncaknya sekitar pukul 19:00 WIB pada 31 Desember 2018 hingga 02:00 WIB pada 1 Januari 2019.

Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini khususnya di berbagai daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo, dan Pantai Losari Makassar.

Media sosial masih menjadi kontributor terbesar untuk peningkatan trafik layanan data. Indosat pun menyatakan sudah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi trafik layanannya.

"Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru," ungkap Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk, seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (2/1/2018).

Kami senang dapat tetap melayani pelanggan dengan baik di saat momen spesial pergantian tahun baru ini, dengan penyediaan kapasitas jaringan yang sudah kami siapkan jauh-jauh hari," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trafik Layanan SMS dan Suara

Trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 22,5 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, trafik layanan suara justru menurun sebesar 16,2 persen dibanding hari biasa.

Turina menjelaskan, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara, dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan tahun baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari.

"Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat, seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya," ujar Turina.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit per hari, atau 37,49 juta Erlang per hari, kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS per hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.