Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z2, Smartphone yang Tak Pakai Android

Liputan6.com, Jakarta Samsung membuat sebuah gebrakan pada Agustus 2016. Vendor asal Korea Selatan itu resmi meluncurkan smartphone baru yang tidak mengusung sistem operasi Android. Smartphone ini memberikan pengalaman berbeda, sebab menjadi smartphone pertama di indonesia yang menggunakan sistem operasi tizen os. Ponsel tersebut dinamakan Samsung Galaxy Z2. 

Berbeda dengan smartphone lain yang mengusung sistem operasi (OS) Android, Samsung Galaxy Z2 mengusung OS lain, bernama Tizen. Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) yang memakai inti program (kernel) Linux. Bukan hanya untuk ponsel pintar dan tablet saja, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan sebagainya.

Samsung Galaxy Z2 menjadi ponsel pintar keluaran Samsung, yang ditujukan bagi konsumen yang ingin mencicipi perangkat smartphone. Atau ditujukan bagi penikmat ponsel fitur (feature phone) yang ingin beralih ke smartphone.

Hadir sebagai penggebrak pasar ponsel Tanah Air, kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 ini pun menjadi sorotan banyak orang. Selain hadir sebagai perangkat yang istimewa, ponsel ini juga tak luput dari kelemahan.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 serta spesifikasi lengkapnya. Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 ini wajib Anda simak jika ingin memboyong ponsel ini.

2 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 dari segi desain dan tampilan

Kelebihan Samsung Z2 ini cukup memukau dengan desain compact dan tampilan yang cukup kece dengan dimensi 121.5 x 63 x 10.8 mm. Samsung Galaxy Z2 hadir dengan layar 3.97 inchi. Ukuran ini merupakan salah satu kelebihan Samsung Z2 yang membuatnya nyaman digunakan dan dioperasikan menggunakan satu tangan.

Kekurangan Samsung Z2 adalah desainnya kurang menarik, dan bodynya masih menggunakan bahan plastik. Selain itu, kekurangan Samsung Z2 lainnya adalah bezel kanan kirinya terlihat tebal. 

Kekurangan Samsung Z2 pada bagian layarnya adalah masih menggunakan teknologi TFT dengan resolusi yang masih kecil yakni hanya 480 x800 piksel dengan kerapatan ~ 233ppi. Teknologi dan resolusi tersebut tidak cukup baik mengingat hampir semua smartphone low end sudah menggunakan IPS dan layar yang lebih besar. Namun ukuran tersebut sudah cukup menghasilkan warna yang jernih dan nyaman digunakan.

3 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 pada sektor dapur pacu

Kelebihan Samsung Z2 disokong Chipset Spreadtrum SC9830 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7, GPU Mali-400MP2. Kombinasi tersebut menghasilkan kinerja yang cukup cepat dan responsif. Kelebihan Samsung Z2 lainnya adalah memberikan pengalaman berbeda kepada penggunanya. Karena samsung membekali ponsel ini dengan sistem operasi tizen os yang didalamnya sudah tersedia aneka macam tema menarik buat mempercantik user interface. Selain itu, tizen os juga praktis dioperasikan menggunakan tampilan antarmuka tidak tidak sama jauh dengan smartphone samsung yg mengadopsi sistem operasi android.

Perlu diketahui bahwa jenis OS Tizen ini memiliki kualitas hampir sama dengan OS Android v5.1 Lollipop. 

Kekurangan Samsung Z2 dari efek menggunakan sistem operasi tersebut adalah aplikasi yang bisa diunduh terbatas dan cenderung sedikit sekali. Ekosistem software serta game sistem operasi tizen os memang kalah telak dibandingkan android ataupun ios,  Samsung menyebut tizen store hanya mempunyai 6500 software. 

Sayangnya, kekurangan Samsung Z2 adalah hanya dibekali RAM 1GB dan memori internal berkapasitas 8 GB.

4 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 dari segi fotografi

Hadir menyasar kalangan menengah kebawah, ponsel ini dibekali spesifikasi yang tergolong standar. Contohnya pada sektor kamera depan yang digunakan untuk selfie. Kamera depan ponsel ini hanya menggunakan VGA. Ini merupakan salah satu kekurangan Samsung Z2 yang tak bisa diabaikan jika Anda adalah orang yang doyan selfie. Pasalnya, dengan spesifikasi tersebut, bisa dibilang Samsung Z2 kurang mumpuni jika dipakai berfoto selfie.

Namun kelebihan Samsung Z2 dari sektor fotografi adalah kamera belakangnya sudah memiliki resolusi 5MP dengan aperture f/2.2. Kamera belakang tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash sehingga bisa digunakan untuk mengambil gambar di kondisi yang minim cahaya. 

Kendati demikian, kekurangan Samsung Z2 juga masih ditemukan pada kamera belakang tersebut. Kamera belakang pada ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur autofocus sehingga kurang maksimal untuk memotret objek yang bergerak.

5 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 pada konektivitas

Kelebihan Samsung Z2 ini sudah mendukung teknologi 4g lte cat4

Deng kecepatan download 150 mbps serta upload 50 mbps, sehingga mampu memanjakan sobat saat browsing, streaming, ataupun bermain game online dengan koneksi internet yang lancar serta pastinya sangat cepat. Masih soal konektivitas, Samsung Z2 juga memiliki fitur Dual DIM stanby yang keduanya bisa aktif bersamaan. Sehingga bisa mempermudah akses komunikasi 2 arah melalui telepon ataupun sms.

Kekurangan Samsung Z2 pada sektor ini adalah tidak adanya fitur LED Notifikasi, yang digunakan sebagai penanda kala ada pesan masuk. Namun, kekurangan Samsung Z2 ini bukan hal yang krusial.

6 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 pada baterai dan fitur pendukung

Kekurangan Samsung Z2 pada sektor daya adalah, kapasitas baterai smartphonenya tergolong kecil, yakni hanya 1.500 mAh. Dengan kapasitas tersebut, membuat posel ini hanya memiliki waktu bicara selama 8 jam (3g) dan bisa digunakan memutar musik selama 30 jam. 

Asiknya lagi, kelebihan Samsung Z2 telah dibekali teknologi VoLTE (Voice over LTE), yang memungkinkan Anda melakukan panggilan suara dengan kualitas audio dan video call yang lebih baik dan lancar. Panggilan telepon super jernih tersebut menggunakan koneksi data LTE.

7 dari 7 halaman

Rangkuman kelebihan dan kekurangan Samsung Z2

Kelebihan Samsung Z2:

Menjalankan OS Tizen v 2.4 yang memberikan pengalaman baru yang berbeda dari Android.Mendukung jaringan 4G LTE Cat4 dengan kecepatan download 150 mbps dan upload 50 mbps, sehingga akan sangat nyaman dan cepat  ketika digunakan untuk berselancar.Sudah mendukung teknologi Voice over LTE (VoLTE) yang memungkinkan kamu melakukan panggilan suara dengan kualitas audio dan video call yang lebih baik dan lancar.Memiliki dimensi 121.5 x 63 x 10.8 mm yang memiliki handling yang sangat nyaman dalam genggaman.Menggunakan Prosesor Spreadtrum SC9830 dan processor Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 yang kinerjanya cukup cepat dan responsif.Dilengkapi kamera utama 5MP dengan fitur LED Flash.Harga Samsung Z2 terjangkau 

Kekurangan Samsung Z2:

Layarnya cukup mungil yakni hanya 3.97 inchi dengan resolusi layar yang rendah hanya 400 x 800 piksel, sehingga kurang jernih jika digunakan untuk main game maupun menonton video.Aplikasi serta game yang tersedia di Tizen store jumlahnya masih sangat terbatas.Kamera depan hanya VGA sehingga kurang puas jika digunakan untuk selfie.

Loading