Sukses

Grab Bakal Fokus Perkuat UMKM di Asia Tenggara

Dengan cakupan dan armada yang besar, Grab optimistis dapat mendorong pertumbuhan UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Grab dikenal sebagai salah satu perusahaan ride-hailing dengan fokus layanan utama transportasi.

Namun, perusahaan itu kini kian memantapkan diri sebagai platform pendorong pertumbuhan UMKM.

Disampaikan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, fokus Grab sejak awal adalah turut mengembangkan pengusaha mikro. Karenanya, layanan di platform tersebut sekarang banyak melibatkan UMKM.

"Mitra kita juga adalah UMKM, tapi tidak banyak yang mengetahuinya. Fokus Grab terhadap pengusaha mikro sudah tinggi sejak awal," tuturnya saat ditemui usai peluncuran fitur anyar GrabExpress di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Meski dimulai dari layanan transportasi, beragam layanan lain dari Grab juga berkaitan erat dengan pelaku UMKM, seperti GrabFood maupun GrabExpress yang banyak bekerja sama dengan pelaku UMKM.

"Jadi fokus kita ke UMKM ini tidak akan pernah berubah dari awal. Grab sebagai grup memiliki target untuk memberdayakan 100 juta UMKM di Asia Tenggara," tuturnya menjelaskan.

Rencana Grab untuk membantu para UMKM tidak lepas dari pangsa pasar perusahaan yang berbasis di Singapura tersebut. Grab mengklaim saat ini sudah menguasai 65 persen pangsa pasar ride hailing di Indonesia.

Dengan armada yang besar dan cakupan yang luas, Grab optimistis dapat membantu pelaku UMKM terus berkembang. Grab sendiri saat ini sudah beroperasi di 139 kota di Indonesia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Grab Luncurkan Beragam Fitur GrabExpress Baru

Grab kembali memperkenalkan layanan terbarunya untuk pasar Indonesia. Kali ini, platform tersebut memperkuat lini logistiknya yang dikenal dengan nama GrabExpress.

Menurut Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, kehadiran layanan baru ini membuka kesempatan baru bagi para pengguna untuk memanfaatkannya. Salah satunnya adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Adapun fitur baru yang dihadirkan Grab untuk layanan logistiknya adalah GrabExpressCar. Sesuai namanya, layanan ini menggunakan armada mobil alias GrabCar untuk mengirimkan barang.

"GrabExpress kini hadir dengan fitur baru untuk meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi," tuturnya salah peluncuran fitur baru GrabExpress di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Kehadiran fitur ini, menurut Ridzki, merupakan bagian cara Grab untuk mengembangkan layanan lokal yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia. Selain armada mobil, GrabExpress kini tampil dengan desain anyar.

Head of 2 Wheels Transport & Logistics Grab Indonesia Gita Prihanto menuturkan perubahan tampilan ini mengintegrasikan nomor kontak yang dimiliki pengguna dengan aplikasi Grab.

"Jadi, nomor kontak yang ada di perangkat akan dibaca dan ditampilkan langsung di aplikasi Grab. Dengan cara ini, pengguna dapat memilih langsung kontak penerimanya," tutur Gita menjelaskan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirim barang ke banyak lokasi sekaligus. Kini, pengguna dapat mengirimkan barang ke lima lokasi, dari yang sebelumnya hanya satu.

Sebagai tambahan, pengguna juga dapat melacak secara real-time posisi barang yang dikirim. Nantinya, Grab juga akan mengirim bukti pengiriman ke pengguna melalui email.

"Grab juga menjamin keamanan barang yang dikirimkan karena sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya Gita lebih lanjut.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.