Sukses

Harga Samsung Galaxy Note 3 Baru dan Bekas di Pasaran, Performa Juara

Liputan6.com, Jakarta Smartphone buatan Samsung selalu dikenal memiliki kualitas yang mumpuni. Tak jarang smartphone buatan Samsung jadi rebutan walau harga yang dibanderol menyasar kelas atas. Hal ini membuktikan jika seluruh dunia telah mengakui keunggulan produk keluaran vendor asal Korea Selatan itu. Samsung sendiri merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia yang didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. 

Sektor yang menjadi pendongkrak popularitasnya adalah flagship ternama seperti Samsung Galaxy Note. Produk Galaxy Note dari Samsung sendiri menargetkan konsumen yang butuh perangkat perpaduan ponsel pintar dan tablet. Keberadaannya menjadi pelopor ponsel layar besar serta pembekalan pena digital untuk keperluan menulis dan menggambar. Salah satu andalannya adalah Samsung Galaxy Note 3.

Samsung Galaxy Note 3 diperkenalkan Samsung Mobile Unpacked 2013 pada ajang bisnis tahunan IFA 2013 yang berlangsung di Jerman. Samsung menyatakan bahwa smartphone Galaxy Note 3 terbaru ini lebih ringan, tipis, cepat dan tahan lama dibanding generasi sebelumnya. Hadir sebagai pembaruan, harga Samsung Note 3 pun dibanderol lebih tinggi dari sebelumnya. Harga Samsung Note 3 memang menyasar kelas atas. Namun, harga Samsung Note 3 yang cukup tinggi tersbeut selaras dengan spesifikasinya yang jempolan. Nah, berikut ini Liputan6.com ulas harga Samsung Note 3 dan spesifikasi andalannya.

2 dari 7 halaman

Desain

Mengamati lebih dekat, ponsel ini terasa seperti perangkat yang kuat dan kokoh, hal ini pantas mengingat harga Samsung Note 3 yang menyasar kelas atas. Pada bagian desain, Samsung Galaxy Note 3 mengandalkan plastik polikarbonat namun dengan kualitas build yang cukup bisa diandalkan. Pun demikian dengan desain yang ditawarkan, Galaxy Note 3 terlihat sangat elegan. Bagian belakang dibuat dengan tampilan tekstur kulit dengan jahitan di sepanjang sisi-sisinya. Sayangnya, bukan bahan kulit sebenarnya namun hanya plastik yang dicetak.

Samsung meminimalkan bezel atau bingkai di kanan dan kiri layar. Sementara di bagian bawah layar terdapat tombol fisik Home yang diapit oleh tombol Menu dan Back. Di sisi kanan ada tombol power, sementara tombol pengatur volume ada di sisi kiri. Bagian samping yang melingkari Galaxy Note 3 terkesan dibalut oleh materi logam. Tapi itu bukanlah logam asli. Sisi samping itu terbuat dari plastik, namun dilapisi warna krom.

3 dari 7 halaman

Layar

Samsung Galaxy Note 3 memiliki layar berukuran 5,7 inci memakai jenis Super AMOLED beresolusi 1.920 x 1.080 pixel dengan ketajaman 386 pixel per inci (ppi). Seperti layar jenis Super AMOLED pada umumnya, layar Galaxy Note 3 nampak cerah dengan kontras dan saturasi warna tinggi.

Untuk memaksimalkan layarnya yang lega, Samsung memberikan fungsi multitasking yang keren di Note 3 dalam bentuk Multi Window. Dengan fasilitas ini, pengguna dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus.

4 dari 7 halaman

Dapur pacu

Dengan harga Samsung Note 3 yang tinggi, performanya pun juara. Urusan performa, Galaxy Note 3 patut diacungi jempol. Ia memakai prosesor octa-core Exynos 5420, yang terdiri dari empat inti Cortex A15 1,9GHz dan empat inti Cortex A7 1,3GHz. Prosesor tersebut dirancang dan diproduksi sendiri oleh Samsung. Kedua set prosesor itu tidak berjalan bersamaan, tetapi saling mengambil alih tugas pada kondisi tertentu. Saat membutuhkan kinerja tinggi, Galaxy Note 3 akan mengaktifkan inti Cortex A15. Sementara inti Cortex A7 akan bekerja dalam kondisi yang tidak menuntut performa tinggi. Hal ini dilakukan agar lebih menghemat baterai.

Hadir sebagai pembaruan dari seri sebelumnya, Galaxy Note 3 menjadi ponsel pertama yang dibenamkan RAM 3 GB. Sementara itu, unit prosesor grafis yang digunakan adalah Mali-T628 MP6 (N9000). Untuk sistem operasi, ia menggunakan Android versi 4.3 (Jelly Bean). Spesifikasi yang tinggi ini tentu selaras dengan harga Samsung Note 3 yang tak murah.

Sementara pada bagian penyimpanan memori internalnya sebesar 16 GB, selain itu pengguna juga dapat memperluas media penyimpanan data dengan kartu MicroSD hingga 64GB.

5 dari 7 halaman

Kamera

Samsung Galaxy Note 3 ini dibekali dengan kamera belakang resolusi 13 MP dengan auto focus dan flash serta kamera depan resolusi 2MP. Selian itu aplikasi kamera Galaxy Note 3 dibekali sejumlah modus pemotretan dan daya tarik lain. Untuk fungsi kamera, Samsung galaxy Note 3 telah mengemas fitur Dual Shot, Eraser, Drama Shot, Animated Photo, Best Photo, Best Face, Beauty Face, Surround Shot, dan masih banyak lagi. Penambahan fitur untuk memanjakan penggguna pada sektor kamera tersebut pantas mengingat harga Samsung Note 3 yang cukup menguras kantong.

6 dari 7 halaman

Baterai dan fitur pendukung

Dibanderol dengan harga Samsung Note 3 yang cukup tinggi, ponsel ini ditopang oleh baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3.200 mAh. Menariknya lagi, Galaxy Note 3 membawa sejumlah fitur khusus. Ada kemampuan untuk mendeteksi beberapa jenis gestur tubuh sebagai mekanisme input selain menyentuhkan jari pada layar.

Ada fitur "Air Gesture", melalui fitur ini pengguna bisa melambaikan tangan secara vertikal atau horizontal di depan ponsel untuk navigasi tanpa menyentuh layar. Ada juga fitur "Smart Scroll" yang digunakan untuk menggulirkan halaman web dengan memiringkan ponsel ke depan dan ke belakang. Pengguna bisa pula mendongakkan dan menundukkan kepala untuk menjalankan fitur tersebut, asalkan terdapat perubahan kemiringan sudut pandang antara mata dengan sensor pada Galaxy Note 3.

Fungsi lainnya adalah “Smart Stay” yang sebelumnya sudah diimplementasikan pada ponsel Galaxy S III. Dengan mengaktifkan fitur ini, Galaxy Note 3 mendeteksi apabila pengguna sedang memandang layar dan tidak akan meredupkan atau mematikan layar selagi mata pengguna masih memandang layar. Fitur yang mirip dengan Smart Stay adalah "Smart Pause" yang sama-sama mendeteksi mata pengguna. Bedanya, Smart Pause dipakai untuk menghentikan sementara pemutaran video apabila pengguna memalingkan pandangan dari layar. Video akan kembali diputar secara otomatis begitu pengguna memandang layar. Lalu ada "Air View" yang memberikan preview konten untuk beberapa aplikasi. Cukup dengan melayangkan jari di atas layar. Fitur ini juga bisa dipakai untuk melihat preview adegan saat menonton video dengan melayangkan jari di atas garis timeline.

Untuk mengaktifkan fitur-fitur tersebut, pengguna cukup menyapu layar dari sisi atas layar menuju ke bawah. Nanti akan keluar pilihan menu untuk mengaktifkan fitur-fitur tersebut. Jika tidak digunakan, ada baiknya fitur dimatikan agar sensor tidak terpakai dan bisa menghemat baterai. Perlu dicatat, fitur-fitur pendeteksi gestur tubuh ini memiliki kegunaan terbatas karena hanya mampu bekerja pada aplikasi-aplikasi tertentu. Smart Scroll dan Air Gesture, misalnya, hanya kompatibel dengan aplikasi browser bawaan Android. Ia tak dapat digunakan saat pengguna menggunakan browser pihak ketiga, seperti Chrome dan Firefox. Air View pun tak bisa dipakai di aplikasi Gmail.

Harga Samsung Note 3 yang ditujukan untuk kalangan menengah keatas, sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya. Galaxy Note 3 menjadi ponsel pertama Samsung yang menggunakan koneksi port USB 3.0 untuk mengisi daya baterai ataupun untuk terkoneksi dengan komputer pribadi. Port USB 3.0 itu berada di sisi bawah ponsel. Jadi, ia tidak lagi menggunakan port MicroUSB. Pemakaian USB 3.0 membuat transfer data dari Galaxy Note 3 ke komputer pribadi menjadi lebih cepat.

7 dari 7 halaman

Harga Samsung Note 3

Hadir dengan performa juara, harga Samsung Note 3 pun dibanderol diangka yang cukup tinggi. Sayangnya saat ini dengan hadirnya produk Samsung seri terbaru, harga Samsung Note 3 baru sudah tidak tersedia lagi di pasaran. Namun, buat kamu yang ingin memiliki ponsel ini bisa membelinya dengan harga Samsung Note 3 bekas. Harga Samsung Note 3 bekas saat ini berkisar di angka yang cukup terjangkau, yakni Rp 900 ribuaan - Rp 1,3 jutaan. Harga tersebut bisa berbeda-beda tiap daerah dan tergantung kondisi ponselnya.