Sukses

Kabar Buruk, Nexus 5X dan 6P Tak Bakal Lagi Dapat Update

Liputan6.com, Mountain View - Kamu masih pakai Nexus 5X dan 6P? Ada kabar buruk. Pasalnya, dua smartphone besutan Google itu dikabarkan tak akan lagi mendapatkan dukungan update sistem operasi di waktu mendatang.

Menurut keterangan yang dilansir Ubergizmo dari Google Support Page pada Rabu (7/11/2018), baik Nexus 5X dan 6P juga tak akan lagi mendapatkan update keamanan.

Update sistem operasi dan keamanan tak lagi akan menyambangi kedua smartphone tersebut, efektif setelah November 2018.

Nexus 5X dan 6P sendiri merupakan smartphone terakhir Google yang menyandang nama "Nexus", sebelum akhirnya Pixel resmi dirilis pada 2015.

Masing-masing seri Nexus tersebut diproduksi oleh dua vendor yang selama ini menjadi mitra Google, yaitu LG dan Huawei.

Mengutip informasi dari CNET, baik Nexus 5X dan 6P memiliki fitur sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang terletak di bagian belakang kover smartphone.

Fitur fingerprint ini disebut Google sebagai "Nexus Imprint" dan dapat berfungsi sebagai alat pembayaran untuk Android Pay, yang sempat digadang-gadang menjadi pesaing Apple Pay.

Kedua seri Nexus ini juga memiliki kamera yang telah ter-upgrade dengan resolusi sebesar 12.3 Megapiksel (MP) dengan fitur improvisasi untuk pengambilan foto indoor, merekam video super-high-resolution 4K, dan bisa menciptakan foto GIF.

Untuk kamera depan, Nexus 5X memiliki resolusi 5 MP, sementara Nexus 6P beresolusi 8 MP.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Nexus 5X dan 6P

Baik dari seri 5X dan 6P memiliki prosesor 64-bit Qualcomm, dengan input USB Type-C. Kedua seri smartphone ini juga memiliki layanan wireless Google Projecy Fi, yang menggabungkan koneksi Wi-Fi dan seluler untuk layanan multiple carriers sehingga memastikan ponsel intar ini memiliki koneksi data yang stabil.

Nexus 5X sejatinya diungkap Google merupakan penerus dari Nexus 5, sehingga dari segi ukuran tidak ada yang berbeda dengan seri pendahulunya.

Begitupun dengan seri 6P yang merupakan 'reinkarnasi' dari Nexus 6, tetapi hadir dengan segudang peningkatan yang 'wah'.

Sementara, Nexus 6P memiliki layar selebar 5,7 inci, hampir sama dengan iPhone 6S Plus yang memiliki layar 5,5 inci.

Meski demikian, Nexus 6P jauh unggul dalam hal itu, di mana resolusinya sebesar 2560×1440 piksel, dibanding 6S Plus yang hanya 1920×1080 piksel.

Keunggulan Nexus 6P lainnya dibanding iPhone 6s Plus adalah baterai dengan daya 3.450 mAh.

Nexus 6P dengan mudahnya mengalahkan 6s Plus yang hanya berdaya 2.915 mAh. Meski tidak ada pengujian baterai sebagai perbandingan, daya baterai Nexus 6P sebesar itu akan membuatnya bertahan lebih lama.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Honor 8X Resmi Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
5 Judul Gim Klasik Sega Ini Bisa Kamu Mainkan di Smartphone