Sukses

Generasi Muda Diharapkan Jadi Pelopor Pemberantasan Hoaks

Rudiantara menilai generasi muda sebagai kelompok yang tidak menyukai hoaks, sehingga cukup cerdas dalam memilah berita yang benar dan salah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, memanfaatkan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018, untuk mengajak generasi muda memerangi hoaks.

Ia pun berharap pemuda Indonesia bisa menjadi pelopor di era digital ini.

"Sejak dulu generasi muda selalu menjadi pelopor atas semangat dan ikatan kebangsaan kita. Kiranya juga tetap demikian di era digital ini, karena pemuda adalah garda terdepan kita dalam memerangi hoaks yang memecah-belah bangsa," katanya ketika menjadi pembicara Talkshow Millenial Festival di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Rudiantara menilai generasi muda sebagai kelompok yang tidak menyukai hoaks, sehingga cukup cerdas dalam memilah berita yang benar dan salah.

Menurutnya, generasi yang telah memiliki usia matang dinilai mudah terpapar dan menyerap isu hoaks.

Di momentum peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, Rudiantara mengajak pemuda untuk menjadi inspirasi bagi generasi tua agar lebih cermat dalam menerima informasi yang beredar di dunia digital.

"Menurut saya yang muda-muda milenial itu tidak suka hoaks. Bagaimana caranya (agar) mendorong yang tua ini agar tidak bermain hoaks," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Generasi Muda Cari Solusi Masalah

Lebih lanjut, Rudiantara di acara Millenials Festival 2018 juga mendorong generasi anak muda untuk dapat mencari solusi atas berbagai masalah di Indonesia. Upaya ini diharapkan dapat melahirkan startup-startup baru yang inovatif.

"Supaya startup baru bisa inovatif dan berdaya guna untuk bangsa sendiri," ungkap Rudiantara.

Adapun Millennial Festival 2018 digelar untuk menginspirasi generasi milenial agar dapat berkontribusi atas pembangunan di Indonesia.

Sejumlah pakar dan pelaku langsung pembangunan ikut menjadi pengisi acara itu. Rudiantara berbicara dalam panel bersama Patrick Walujo (Northstar) dan Teddy Oetomo (Bukalapak).

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.