Sukses

Pengguna Keluhkan Google Pixel 3 Gampang Nge-Hang

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone terbaru Google, Pixel 3, dikeluhkan memiliki isu lagging alias sering nge-hang.

Menurut informasi yang dilansir Ubergizmo pada Rabu (24/10/2018), isu tersebut disampaikan sejumlah pengguna yang baru saja membeli Pixel 3.

Menurut keterangan, saat pengguna beralih antar aplikasi, mereka harus menunggu waktu beberapa detik untuk me-reload.

Malah, ada beberapa yang terpaksa harus melakukan kill apps untuk bisa membukanya kembali dari awal.

Beberapa jurnalis teknologi dari media internasional pun mengakui kebenaran isu Pixel 3, beberapa di antaranya seperti Android Central, The Verge, dan Android Police.

Google sendiri belum buka suara terkait isu tersebut. Namun, menurut teori pengembang Flash Kernel Nathan Chancellor, isu disebabkan oleh masalah manajemen penyimpanan, di mana Google memilih tool Android Low Memory Killer Daemon, sehingga menyebabkan perangkat mudah melakukan aksi kill apps di background.

2 dari 3 halaman

Google Umumkan Duo Pixel 3, Hadir dengan Layar Lebih Besar 

Google akhirnya mengumumkan kehadiran smartphone terbaru besutannya, Pixel. Seperti biasa, ada dua varian yang diperkenalkan, yakni Pixel 3 dan Pixel 3 XL. 

Secara desain kedua smartphone ini masih serupa dengan pendahulunya. Namun, berkat bezel yang lebih tipis, Pixel 3 dan Pixel 3 XL hadir dengan layar lebih besar. 

Pixel 3 XL memiliki layar 6,3 inci dengan notch di bagian atas, sedangkan Pixel 3 mempunyai bentang layar 5,5 inci--lebih besar 5 inci dari Pixel 2.

“Untuk kebutuhan yang selalu ada, kami mendesain kamera terbaik dan memasukkannya ke ponsel paling membantu di dunia,” tutur Chief Hardware Google  Rick Osterloh seperti dikutip dari The Verge, Rabu (10/10/2018). 

Untuk spesifikasi, kedua smartphone didukung dengan chipset Snapdragon 845 dan RAM 4GB. Google juga menyertakan speaker stereo di bagian depan dan bluetooth 5.0. 

Di Pixel 3 ini, Google juga menyematkan chip keamanan Titan M. Perusahaan menyebut chip ini menyediakan perlindungan langsung untuk kebutuhan enksripsi, login, dan data aplikasi. 

Rencananya, Pixel 3 akan resmi meluncur pada 18 Oktober 2018. Adapun banderol harga smartphone ini adalah US$ 799 untuk Pixel 3 berkapasitas 64GB.

Sementara varian Pixel 3 XL dengan kapasitas yang sama dijual US$ 899. Untuk varian Pixel 3 XL dengan kapasitas 128GB dibanderol US$ 999. 

3 dari 3 halaman

Kamera Pixel 3

Dari sisi kamera, Google masih bertahan dengan lensa tunggal untuk kebutuhan kamera depan. Smartphone ini menggunakan lensa beresolusi 12,2MP. 

Namun, hal berbeda dilakukan perusahaan untuk kamera depan. Baik Pixel 3 dan Pixel 3 XL hadir dengan kamera depan ganda, yang berfungsi untuk menangkap gambar lebih luas. 

Sebagai penunjang kameranya, Google juga melengkapi Pixel 3 dengan kecerdasan buatan. Ada sejumlah fitur anyar yang tersedia di smartphone ini mulai dari Top Shot hingga Photobooth. 

Untuk kali pertama, Pixel 3 sudah mendukung fitur pengisian daya nirkabel. Karenanya, Google turut merilis dock khusus yang diberi nama Pixel Stand dengan harga US$ 79. 

Smartphone ini sudah menjalankan Android 9 Pie dengan perubahan gaya navigasi. Perusahaan tidak lagi menyertakan tombol virtual (back, home, recents), melainkan navigasi seluruhnya berbasis gestur. 

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Unik Rayakan Hari Anak Nasional Bersama Buah Hati Lewat Fitur Google
Artikel Selanjutnya
Google Akan Kena Denda Jutaan Dolar Gara-Gara YouTube Langgar Privasi Anak