Sukses

5 Jenis Fobia Aneh Manusia dengan Teknologi

Liputan6.com, Jakarta - Fobia  merupakan situasi atau kebiasaan di mana manusia merasakan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu, apa pun itu. Fobia juga terjadi dengan hal-hal berbau teknologi.

Nah, menariknya ini bukan jenis fobia yang sering dialami banyak orang pada umumnya, seperti fobia pada ketinggian, ruang sempit dan gelap, kecoak, atau ular.

Fobia terhadap teknologi dianggap sebagai rasa ketakutan yang aneh dan sangat jarang dialami oleh manusia. Sampai-sampai, para psikolog pun belum bisa menemukan cara untuk menyembuhkannya.

Ada beberapa fobia terhadap teknologi yang patut kamu ketahui. Apa saja? Merangkum berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Technophobia

Adalah "induk" dari semua fobia terhadap teknologi. Fobia ini menggambarkan rasa ketakutan yang berlebihan terhadap efek dari teknologi.

Jadi, semua inovasi dan teknologi terbaru ini menciptakan rasa kecemasan bagi penderita karena bisa membahayakan hidupnya. Lantas, apakah kecerdasan buatan juga bisa memicu technophobia, ya?

2. Nomophobia

Nah, berbeda dengan technophobia, nomophobia adalah rasa ketakutan dan panik yang dialami penderita saat ia jauh dari ponsel.

Contoh ketika baterai ponsel habis dan mati, atau terpaksa tidak menggunakan ponsel saat di daerah pegunungan tanpa sinyal. Nama fobia ini berasal dari kata "nomo" yang artinya dari singkatan "no mobile".

 

2 dari 2 halaman

Cyberphobia hingga Telephonobia

3. Cyberphobia

Jenis fobia ini hampir mirip dengan technophobia. Bedanya, cyberphobia adalah fobia terhadap komputer atau bekerja di depan komputer. Lalu, bagaimana dengan penderita cyberphobia yang harus bekerja kantoran ya?

4. Selfiephobia

Selfie adalah tren yang begitu digeluti zaman sekarang. Namun ternyata, ada juga yang takut dengan foto selfie. Ketakutan selfiephobia ini terjadi saat penderita enggan difoto karena takut dengan hasil foto selfie-nya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Biasanya, penderita selfiephobia juga memiliki kepercayaan diri yang kurang.

5. Telephonobia

Mirip dengan nomophobia, telephonobia adalah ketakutan yang dialami saat menerima panggilan telepon. Apalagi dari nomor yang tidak dikenal. Biasanya, fobia ini terjadi bagi orang yang sering ditagih hutang atau yang sering diteror lewat telepon.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mengenal Aporofobia: Rasa Tak Suka Berlebihan pada Orang Miskin