Sukses

Lucu, Twit Guyon Warganet soal Bahasa Gaul Anak Jaksel

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya--khususnya di ranah Twitter--kini tengah diramaikan dengan guyonan anak Jakarta Selatan (Jaksel).

Pantauan Tekno Liputan6.com, guyonan yang dimaksud mengungkapkan seperti apa remaja Jaksel biasanya berbicara saat bergaul.

Banyak warganet berasumsi kalau anak-anak Jaksel sering berbicara dengan intonasi dan penekanan khusus ala karakter Cinta di film AADC (Ada Apa dengan Cinta?), serta menggunakan beberapa istilah bahasa Inggris yang dicampur ke dalam bahasa sehari-hari.

Gaya berbahasa anak Jaksel ini pun jadi topik hangat yang diperbincangkan warganet. Saat kami mengintip lini masa Twitter, tak sedikit warganet mengeluarkan kicauan guyon soal anak Jaksel.

Memang, kebanyakan kicauan bernada menyindir atau sekadar mengejek. Namun, tak sedikit yang tersinggung karena sindiran tersebut.

Ada juga yang berada di pihak "tengah" dan berusaha meluruskan kalau gaya berbahasa anak Jaksel yang diasumsikan warganet hanya merupakan stereotype masyarakat dan tidak benar adanya. Mereka juga membandingkan bahasa gaul anak Jaksel dengan bahasa remaja yang tinggal di Jakarta Selatan, Timur, Barat, dan Pusat.

Untuk lebih lengkap, kamu bisa intip kicauan-kicauan lucu warganet soal anak Jaksel berikut ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Bahasa Slang Internet Terpopuler, Kids Jaman Now Pasti Paham

Terlepas dari bahasa gaul anak Jaksel, ada juga bahasa slang yang sering digunakan di internet. Di ranah maya pun, bahasa nyeleneh ini telah menjadi tren kultur pop di kalangan pengguna remaja. Sampai-sampai, beberapa 'jargon' slang tersebut dijadikan meme di media sosial.

Sejatinya, bahasa slang memang merupakan ekspresi nonformal yang sering digunakan untuk menyampaikan respons saat berkomunikasi di internet, baik itu di kolom komentar media sosial, aplikasi pesan instan, atau kolom komentar grup tertentu.

Tekno Liputan6.com pernah menyajikan kumpulan bahasa slang internet paling populer di luar negeri. Beberapa di antaranya seperti LOL (Laughing Out Loud, tertawa terbahak-bahak) atau ROTFL (Rolling on The Floor, guling-guling di lantai).

Nah, kali ini kami akan menyajikan daftar bahasa slang internet paling populer di 2017. Di sepanjang tahun ini, bahasa slang tersebut sudah pasti sering kamu temui di lini masa.

Apa saja? Apakah satu di antaranya juga sering kamu gunakan? Get ready, inilah daftarnya sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber di media sosial.

 

3 dari 3 halaman

Terciduk

Tercyduk

Tercyduk berasal dari kata terciduk (kata kerja: ciduk) yang berarti membekuk, mengambil atau menahan. Kata ini biasanya ditemukan dalam gaya penuturan berita formal. Contoh: Polisi Ciduk Preman Kampung Rambutan.

Tak berbeda dari arti aslinya, warganet pun membuat kata terciduk menjadi "tercyduk". Fakta unik, kata ini adalah kata yang paling sering digunakan warganet di media sosial.

Kids Jaman Now

Secara tata bahasa, kids jaman now tidak mengikuti aturan. Memang, secara arti: kids jaman now artinya anak-anak zaman sekarang.

Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengingatkan warganet kalimat tersebut salah. Seharusnya, menurut ejaan sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasan Indonesia (PUEBI), seharusnya yang benar bukan 'jaman', melainkan 'zaman'.

Tak diketahui dari mana asal kata kids zaman now, tetapi banyak yang menduga kata ini berasal dari meme Kak Seto yang beredar luas di media sosial

HQQ

Hakiki, berdasarkan definisi dari KBBI adalah "sebenarnya, sesungguhnya."

Namun dalam konteks media sosial dan dialog slang, penulisan kata ini keliru menjadi "HQQ" (mungkin untuk mempersingkat kata).

Panutanku

Berasal dari kata panutan yang berarti idola atau junjungan. Panutanku seringkali dipakai warganet sebagai ungkapan pujian. Versi nyeleneh dari panutanku adalah panutanQ (Q yang berarti 'aku' dalam ejaan bahasa slang).

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading