Sukses

Jack Ma Puji Kesuksesan Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia kembali mendapat apresiasi. Kali ini, pujian berasal langsung dari pendiri dan CEO Alibaba Group Jack Ma yang berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri upacara penutupan.

Menurut Jack Ma, tidak mudah untuk menggelar hajatan sebesar ini. Ia menilai Indonesia telah berhasil melakukannya. Jack Ma juga mengaku dirinya sangat senang saat menyaksikan salah satu pertandingan.

"Saya rasa gelaran ini sangat sukses dan tidak mudah menyelenggarakan acara. yang sebesar ini. Saya mengikuti salah satu pertandingan dan sangat excited dengan pertandingan kemarin," tuturnya kepada Tekno Liputan6.com saat ditemui usai pertemuan dengan sejumlah menteri di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Jack Ma pun menyebut Asian Games 2018 sebagai gelaran yang inovatif. Dia juga menyoroti aksi Presiden Joko Widodo yang menaiki motor saat acara pembukaan merupakan hal yang mengesankan.

"Asian Games 2018 sangat inovatif. Saat Presiden Joko Widodo menaiki motor itu mengesankan bagi banyak orang," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menyebut pemerintah dan masyarakat Indonesia telah berkontribusi besar untuk penyelenggaraan Asian Games tahun ini.

"Selamat atas suksesnya Asian Games 2018," tuturnya mengakhiri pembicaraan.

Untuk informasi, orang nomor satu di Alibaba itu disebut merupakan sosok penting di balik terpilihnya Tiongkok sebagai penyelenggara ajang olahraga terbesar di Asia.

Adapun Asian Games 2022 akan dihelat di Hangzhou, Tiongkok, yang juga merupakan kampung halaman Jack Ma.

Kedatangan Jack Ma ke Indonesia juga tidak lepas dari perannya sebagai perwakilan dari panitia penyelenggara Asian Games 2022.

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

2 dari 3 halaman

Jack Ma: Pebisnis Muda dan UKM Bisa Raih Kesempatan dari Jualan Online

Seperti diwartakan sebelumnya, pendiri dan CEO Alibaba Group Jack Ma melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan Kepala Badan Kreatif Nasional (BEKRAF), Triawan Munaf.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal. Salah satunya adalah upaya untuk mendorong para pelaku bisnis muda termasuk usaha kecil dan menengah menangkap kesempatan bisnis dari internet dan e-Commerce.

"Kami baru aja melakukan pertemuan produktif. Dari kemarin saya bertemu Presiden dan berdiskusi banyak hal. Sementara, hari ini merupakan pertemuan lanjutan," kata Jack Ma kepada awak media saat ditemui usai melakukan pertemuan di hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Minggu (2/9/2019).

Selain itu, pembahasan lain yang dilakukan adalah mengenai pengembangan talenta untuk e-Commerce termasuk soal internet. Ada pula pembahasan mengenai hubungan antara inklusi finansial dengan internet.

Menurut Jack Ma, pembahasan yang dilakukan adalah mengenai cara untuk dapat membantu orang-orang muda mendapatkan pinjaman uang, terutama sebagai modal untuk membuka bisnis.

"Kami juga berdiskusi mengenai cara memperbaiki bisnis perdagangan e-Commerce antara Indonesia dengan Tiongkok termasuk dengan negara-negara lain," ujar  salah satu pria terkaya di Tiongkok ini.

Jack Ma juga menyebut dirinya sempat membicarakan soal gelaran 11 November yang dikenal penting untuk bisnis e-Commerce Tiongkok.

Sekadar informasi, 11 November gelaran terbesar Alibaba yang menawarkan beragam produk dan program pilihan.

"Banyak hal yang bisa dilanjutkan dari pertemuan ini ke depannya," tutur Jack Ma mengakhiri pembicaraan.

Sebelumnya, Jack Ma juga sempat melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor dengan membahas sejumlah agenda.

 

3 dari 3 halaman

Bertemu Menkominfo, Jack Ma Beri Wejangan untuk Indonesia

Pendiri dan CEO Alibaba Group Jack Ma, akhirnya bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Jakarta, Minggu siang (2/9/2018). 

Tak sendiri, pertemuan sang taipan asal Negeri Tirai Bambu tersebut dilangsungkan bersama beberapa jajaran menteri lain, mulai dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, dan Kepala Badan Kreatif Nasional Triawan Munaf.

Tekno Liputan6.com berkesempatan menghadiri pertemuan ini. Sayang, saat kami hadir, pertemuan masih berlangsung dan diadakan secara tertutup di sebuah hotel di kawasan SCBD, Jakarta.

Namun, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, mengungkapkan pertemuan sudah berlangsung lebih dari setengah jam. 

Pria yang karib disapa Nando ini mengungkap, dalam waktu setengah jam itu Jack Ma sudah berbicara di depan para menteri. Ia menjelaskan bagaimana bisa membangun bisnis Alibaba sampai ke puncak kesuksesan.

“Ia (Jack Ma) juga membersi nasehat untuk Indonesia. Suasana langsung hening, semua hadirin langsung mendengarkan seksama ke Jack Ma,” ujar Nando kepada Tekno Liputan6.com

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Peringkat Indonesia Meroket di Asian Games 2018
Artikel Selanjutnya
Aice Bangga Bisa Berperan di Asian Games 2018