Sukses

Deretan Layanan Google yang Wajib Kamu Coba Selama Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Euforia Asian Games 2018 yang bakal dimulai pada Sabtu, 18 Agustus 2018, juga turut dirayakan Google Indonesia.

Dalam turnamen olahraga bergengsi terbesar se-Asia ini, Google menghadirkan sederet fitur khusus Asian Games 2018 lewat beberapa layanannya.

Veronica Utami selaku Head of Marketing Google Indonesia mengakui Google sendiri ingin pengguna bisa menikmati pengalaman selama Asian Games 2018 lewat beberapa produknya.

"Di Asian Games 2018, bakal ada 110 ribu orang dari luar negeri datang ke Indonesia untuk menyaksikan lebih dari 40 jenis pertandingan. Pasti mereka akan kaget dengan kondisi di Ibu Kota, seperti kendala bahasa, arah jalan, dan banyak lagi," ujar Veronica di kantor Google Indonesia, Rabu (15/8/2018).

“Karenanya, Google juga menjadi co-marketing partner untuk perhelatan bergengsi ini,” lanjutnya menambahkan.

Fitur khusus Asian Games 2018 yang hadir di layanan Google tentunya sangat mudah diakses.

Pasalnya, fitur-fitur tersebut muncul lewat beberapa aplikasi Google yang kita pakai sehari-hari, seperti Google Maps, Google Translate, Google Search, dan YouTube.

Lalu, apa saja fitur-fitur Google yang bisa digunakan selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung? Berikut daftarnya sebagaimana dipaparkan oleh Google Indonesia.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Google Search

Selama Asian Games 2018 berlangsung, kamu bisa mencari update informasi terbaru di bagian atas hasil penelusuran.

Mira Sumanti, selaku Product Marketing Manager Search Google Indonesia, mengatakan fitur ini dijamin bakal memudahkan pengguna mengakses informasi soal Asian Games 2018.

"Dalam sekali pencarian hanya dengan mengetik Asian Games di Search, semua info tentang Asian Games pasti bakal muncul," kata Mira.

Kamu bisa mendapatkan informasi seperti berita Asian Games 2018, periksa peringkat penghitungan medali, atau terjun ke olahraga tertentu untuk melihat siapa pemenangnya.

Google Maps

Google Maps adalah salah satu layanan milik Google yang menghadirkan fitur terbanyak khusus untuk Asian Games 2018.

Dalam layanan peta tersebut, kamu bisa memanfaatkan fitur Indoor Maps dan Street View untuk mengecek lokasi perhelatan Asian Games 2018, seperti Gelora Bung Karno (GBK), Jakabaring, dan juga Gunung Mas Puncak untuk Paragliding.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur navigasi yang akan dibawakan salah satu maskot Asian Games 2018, Atung. Dalam navigasi, visual akan menampilkan Atung mengendarai jet ski (salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018) dan berselancar di jalanan Ibu Kota.

Tak cuma itu, pengguna Google Maps juga bisa memakai layanan ini untuk mengikuti Kirab Obor Asian Games 2018 yang sudah berlangsung sejak 15 Agustus dan akan berakhir pada 18 Agustus 2018 di GBK.

Terlepas dari Google Maps, Google juga menghadirkan fitur '10 Tujuan Indah di Indonesia' yang bisa diakses langsung via Google Earth.

3 dari 3 halaman

Google Translate

Dalam Google Translate, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur 'Mode Percakapan' untuk berbicara dengan para turis asing di Asian Games 2018. Menariknya, 'Mode Percakapan' menghadirkan lebih dari 45 bahasa yang bisa digunakan.

Google Play

Toko aplikasi Google juga tak ketinggalan menghadirkan fitur khusus Asian Games 2018, dengan kurasi aplikasi yang berkaitan dengan cabang olahraga di Asian Games 2018.

YouTube

Google juga menyertakan fitur highlights khusus tentang cabang olahraga bulu tangkis, sepak bola, dan bola voli di YouTube.

Pengguna juga bisa melihat highlights pertandingan dari mitra siaran eksklusif Asian Games 2018, Emtek, via channel YouTube SCTV (Sepak Bola) dan Indosiar (Bola Voli dan Bulu Tangkis).

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ribuan Pelajar Rela Berjemur Demi Ramaikan Kirab Obor Asian Games 2018
Artikel Selanjutnya
Gampang Diingat, Gemasnya 3 Maskot Asian Games 2018