Sukses

HUT RI ke-73, Telkomsel Bangun 108 BTS Baru di NTT

Ditotal secara lingkup nasional, dalam waktu tiga tahun terakhir, Telkomsel sudah membangun 568 BTS di wilayah-wilayah perdesaan

Liputan6.com, Rote - Dalam momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, Telkomsel membangun BTS baru di Desa Oebela, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peresmian BTS USO (Universal Service Obligation) tersebut juga melibatkan Menteri Negara BUMN Republik Indonesia, Rini Soemarno, bersama dengan BAKTI/KOMINFO, PT. LEN Industri, dan PT. AJN Solusindo.

BTS USO Telkomsel ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan telekomunikasi seluler yang meliputi wilayah blank spot 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Dalam tahap pembangunannya mulai Agustus hingga Oktober 2018, Telkomsel akan mendukung program BAKTI dengan membangun 108 titik lokasi BTS USO baru diseluruh wilayah Indonesia, di mana 5 (lima) BTS di antaranya berada di Pulau Rote, yaitu Desa Oebela, Desa Helebeik, Desa Suebela, Desa Mukekuku dan Desa Lenupetu.

Ditotal secara lingkup nasional, dalam waktu tiga tahun terakhir, Telkomsel sudah  membangun 568 BTS di wilayah-wilayah perdesaan yang sebelumnya tidak memperoleh layanan komunikasi di Tanah Air.

Dari 568 BTS tersebut, 47 di antaranya merupakan BTS 4G yang memungkinkan masyarakat memanfaatkan layanan data yang berkualitas untuk meningkatkan produktivitas.

"Upaya ini sejalan dengan komitmen kami sebagai operator selular terbesar di Indonesia yang selalu berupaya agar tak ada lagi wilayah Indonesia yang terisolir, sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia benar-benar terajut indah dengan adanya jaringan komunikasi.” VP Network Deployment and Services Telkomsel, Agus Witjaksono.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaringan Telkomsel di Pulau Rote

Optimasi jaringan Telkomsel di Pulau Rote ini tentu bakal semakin memperkuat dan memperluas layanan telekomunikasi selular di wilayah perbatasan negara, di mana Pulau Rote merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Australia. 

Adapun total BTS yang tersebar di Pulau Rote sejumlah 40 BTS dan 33 persen di antaranya merupakan BTS 4G.

Kehadiran layanan Telkomsel hingga pelosok di wilayah perbatasan negara tersebut juga kian memperkokoh terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara kepulauan.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di pulau terluar maupun perbatasan negara merupakan bentuk dukungan Telkomsel dalam memelihara keutuhan NKRI, di mana hadirnya sarana telekomunikasi dapat meningkatkan ketahanan nasional sekaligus mempersatukan Bangsa Indonesia yang tersebar hingga ke pelosok Tanah Air. 

Tak cuma itu elain itu, hadirnya layanan Telkomsel secara nyata juga menjadi penunjang percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah dan memberi manfaat bagi daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.