Sukses

Jaringan XL di Lombok Berangsur Normal

Hingga Senin siang, sebagian besar jaringan di Lombok Utara mulai pulih sehingga akses komunikasi melalui XL Axiata kini berangsur normal.

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul terjadinya gempa di sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat, XL Axiata memastikan jaringannya di tempat tersebut masih dapat digunakan. Layanan yang dapat digunakan ini termasuk telepon, SMS, maupun data/internet.

Namun, untuk wilayah Lombok Utara yang menjadi titik pusat gempa pada Minggu malam, layanan sempat mengalami kendala karena dampak gempa yang sangat kuat sehingga mengakibatkan aliran listrik padam.

Setelah terdeteksi adanya gangguan, tim XL Axiata di lapangan segera melakukan upaya pemulihan. Upaya pun dilakukan semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan di wilayah tersebut.

Hingga Senin siang (7/8/2018), sebagian besar jaringan di Lombok Utara mulai pulih. Karenanya, akses komunikasi melalui XL Axiata kini berangsur normal.

"Kami keluarga besar XL Axiata dan sekaligus bagian dari masyarakat NTB, turut berduka sedalam-dalamnya atas korban jiwa dari gempa di Lombok kemarin. Tim kami, termasuk di lapangan, saat ini sedang bekerja keras memulihkan sebagain dari layanan kami yang terganggung pasca-gempa," tutur Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keterangan resmi yang diterima Senin (6/8/2018).

Yessie menuturkan, pihaknya melakukan beragam upaya agar jaringan XL Axiata di wilayah tersebut dapat segera pulih dan membantu komunikasi warga. Terlebih, untuk kebutuhan proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Pemulihan Jaringan XL Axiata

Meski gempa terasa di sebagian besar Pulau Lombok hingga Bali dan Sumbawa, Yessie menuturkan gangguan jaringan yang terjadi terutama di Lombok Utara. Karenanya untuk wilayah Lombok lain, layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi dengan baik.

Hal itu ditunjukkan dengan kiriman foto dan video mengenai kerusakan dan kondisi pasca-gempa dari pelanggan XL Axiata di daerah yang terkena bencana. Menurut Yessie, beberapa based transceiver station (BTS) memang sempat padam sesaat setelah gempa, tapi ini terjadi karenanya terputusnya aliran listrik.

"BTS-BTS tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan. Antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, tim XL Axiata di lapangan juga masih bersiaga sejak saat itu untuk mengantisipasi gempa susulan. Selain genset, tim teknis juga menyiapkan opsi lain, seperti redirect coverage dan kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi paling membutuhkan.

Sementara untuk saat ini, jaringan XL Axiata di Lombok utara berangsur normal kembali, termasuk di area Tanjung yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara. Oleh sebab itu, pelanggan sudah dapat memperoleh kembali akses telekomunikasi dan data, mengingat aliran listrik sudah kembali menyala.

Di wilayah Lombok Utara, XL Axiata memiliki lebih dari 120 BTS, dengan 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara di seluruh provinsi NTB, operator yang identik dengan warna biru ini memiliki total lebih dari 2.900 BTS, dengan 790 BTS di antaranya merupakan 4G LTE.

3 dari 3 halaman

Bantuan Telekomunikasi

Selain menangani jaringan di wilayah Lombok, XL Axiata juga telah menyalurkan bantuan darurat bagi warga sekitar. Fokus bantuan akan disalurkan ke wilayah Lombok Utara yang mengalami dampak terberat. Bantuan ini juga berasla dari Axiata Group, selaku induk perusahaan XL Axiata.

Bantuan yang disalurkan berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, dan tenda. Ada pula bantuan berupa perlengkapan penunjang kesehatan bagi warga korban selama di pengungsian, seperti peralatan mandi.

Tak hanya itu, ada pula bantuan berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat ini akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan sehingga dapat dimanfaatkan oleh warga dan aparat penanganan bencana.

Pengguna XL Axiata yang ingin memberikan donasi pada para korban gempa juga dapat memanfaatkan program SMS Donasi. Dengan program ini, pengguna dapat memanfaatkan pulsa XL atau Axis sebagai donasi mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 200.000.

Bagi pengguna yang tertarik cukup mengirimkan SMS ke 6116. Adapun format pengiriman adalah DonasiPEDULILOMBOKnominal (1000 - 200.000) atau via umb: *123*6116# pilih PEDULILOMBOK dan ikuti petunjuknya.

Nantinya, hasil donasi pelanggan ini akan disalurkan dalam bentuk program bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan korban. Penyaluran dilakukan melalui lembaga sosial yang kredibel dan terpercaya. Program ini dibuka mulai 6 Agustus hingga 31 Oktober 2018.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.