Sukses

Facebook Messenger Bakal Dijejali Video Iklan

Liputan6.com, Jakarta - Pasca kasus Cambridge Analytica, Facebook menjadi lebih hati-hati melindungi data pengguna, termasuk dari pengiklan.

Raksasa media sosial asal Negeri Paman Sam ini pun kesulitan mencari tempat untuk mendapatkan untung.

Sekarang, Facebook menemukan solusi dengan cara 'mengganggu' pengguna lewat video iklan secara autoplay di Messenger.

Dilansir Recode, Kamis (21/6/2018), video iklan akan muncul otomatis ketika pengguna sedang membaca-baca pesannya. Iklan ini telah diterapkan pada Senin (18/6/2018), walaupun sebetulnya sudah diujicobakan sejak tahun lalu.

"Kami akan mengeluarkan video iklan secara bertahap dan penuh perenungan. Orang-orang yang memakai Messenger tiap bulan adalah prioritas teratas kita dan mereka akan tetap mengendalikan experience mereka," tulis Facebook dalam pernyataannya.

Iklan video juga terbilang mahal sehingga bakal menguntungkan Facebook

Pihak bisnis periklanan Messenger mengakui bahwa video iklan ini akan mengganggu dan menyebut akan memperhatikan sikap pengguna terkait video iklan ini.

"Prioritas teratas kami adalah experience pengguna. Jadi, kami masih belum tahu kedepannya bagaimana. Namun, tanda-tanda sejauh ini, saat kami mencoba iklan sederhana, tidak ada perubahan dari cara orang-orang memakai platform atau dari segi jumlah pesan yang mereka kirim," ujar Stefanos Loukakos, Kepala Bisnis Messenger.

2 dari 3 halaman

BBM Bisa Jadi Alternatif

Sebagai alternatif Messenger, pengguna bisa menengok BlackBerry Messenger (BBM) yang terus melakukan pembaruan yang membuatnya dapat terus bersaing di dunia aplikasi chatting.

Ada banyak fitur-fitur baru di BBM yang dapat menunjang kegiatan harian penggunanya, dan pihak BBM pun gencar melakukan pendekatan pada masyarakat agar semakin banyak yang bisa merasakan benefit lengkap aplikasi ini.

"Banyak fitur terbaru, tapi banyak yang belum upgrade. Padahal banyak fitur-fitur terbaru yang memiliki benefit besar," ungkap Diga Simorangkir, GM Marketing BBM Indonesia, kepada Tekno Liputan6.com.

Agar memastikan masyarakat memahami kelengkapan fitur BBM, berikut Tekno Liputan6.comhadirkan lima fitur keren yang bisa kamu nikmati di BBM.

1. Live TV

Pengguna BBM tidak perlu takut ketinggalan acara favorit mereka, karena sudah ada fitur siaran TV langsung di dalam aplikasi.

Tidak perlu takut paket kuotanya akan habis, pasalnya BBM sudah berkolaborasi dengan penyedia layanan telekomunikasi seperti Indosat untuk menyediakan layanan menonton TV 100 persen gratis.

Selain itu, ada juga BBM News yang memastikan para penggunanya tidak ketinggalan informasi terkini.

2. BBMoji Islami

Tidak perlu buang-buang uang jika kamu ingin melihat penampilan avatar kamu didesain secara personal. BBM telah menghadirkan inovasi berupa BBMoji kepada para penggunanya dengan begitu banyak varian pelengkap.

Bila di aplikasi chatting lain masih belum ada fitur avatar memakai hijab, pada BBMoji ternyata bersifat lebih inklusif dengan menampilkan aksesori-aksesori terkait Ramadan, sehingga para hijaber bisa lebih bebas berekspresi.

3. Grup BBM Lebih Besar

Tidak tanggung-tanggung, BBM tengah menyiapkan grup yang dapat menampung sampai 300 orang. Ada juga fitur mengirim pesan audio ke beberapa kelompok kontak dengan fitur pesan suara.

Fitur tersebut disebut-sebut sangat efektif saat pengguna berkendara di jalan, tak punya waktu untuk mengetik, atau mereka yang merasa kata-kata tak cukup untuk mengekspresikan diri.

Hal ini dilengkapi dengan kapasitas jumlah kata yang besar di BBM. Pengguna dapat mengirimkan pesan berkapasitas sampai 65.000 karakter pada grup.

3 dari 3 halaman

Cocok Bagi Profesional

4. BBM Channel

Ada juga BBM Channel yang sangat mudah digunakan bila kamu tertarik brand atau organisasi, kamu bisa langsung pergunakan fitur ini untuk mendapatkan kabar terbaru dari pihak-pihak tersebut.

Fitur ini juga menjadi nilai plus BBM di mata para influencer, perusahaan, dan online seller, yang dapat memberi keuntungan dengan cara mendekatkan brand mereka pada publik.

Untuk masalah pembayaran, BBM sudah berkolaborasi dengan DANA, sebuah perusahaan financial technology (teknologi finansial, fintech) yang dapat pengguna melakukan transaksi dengan mudah secara digital.

5. BBM Desktop

Bagi para kalangan profesional yang selalu fokus pada keyboard dan monitor, BBM Desktop akan sangat membantu segala pekerjaan dan komunikasi mereka.

Untuk itu, kamu jangan ragu-ragu lagi, dan langsung saja download aplikasi BBM di sini

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Instagram Kantongi 1 Miliar Pengguna di Seluruh Dunia
Artikel Selanjutnya
3 Fitur Unggulan IGTV, Jagoan Baru Instagram