Sukses

Yuk, Bikin Ucapan Lebaran Kece dengan Aplikasi Ini

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan Lebaran digital semakin menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kebiasan saat Idul Fitri yaitu mengirimkan kartu ucapan selamat Lebaran. Selain bisa mengirimkan kartu ucapan dalam bentuk fisik, kini kamu juga bisa membuatnya sendiri melalui bantuan aplikasi mobile di perangkat Android dan iOS.

Saat ini, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan dalam bentuk digital. Salah satu yang populer dan layak dicoba adalah Canva. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis dan tersedia di Android dan iOS.

kamu bisa memilih desain kartu Lebaran yang sudah tersedia atau bisa juga membuat desain sendiri. Canva memiliki lebih dari 60 ribu template, yang bisa "disulap" menjadi kartu ucapan Lebaran.

Tampilan aplikasi Canva (Foto: Ist)

Untuk membuat desain kartu ucapan, kamu harus membuat akun terlebih dahulu di Canva. Untuk mempermudah, kamu bisa langsung login menggunakan akun Google, tapi juga ada opsi lain, yakni melalui Facebook atau mendaftar dengan alamat email.

Canva menyediakan berbagai macam desain, termasuk untuk diunggah ke Instagram dan Facebook, serta dalam bentuk poster, flyer hingga sampul buku.

Kamu juga bisa menambahkan foto sendiri sebagai latar belakang kartu ucapan yang ingin dibuat. Namun jika ingin lebih mudah, kamu bisa menggunakan template yang sudah tersedia di Canva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Sederhana Buat Kartu Ucapan Lebaran di Canva

1. Setelah login, kamu akan langsung diarahkan ke laman awal aplikasi Canva. Ada banyak template tersedia, yang bisa dipilih sesuai keinginan.

2. Ketik kata kunci "Idul Fitri", "eid al-fitri" atau "eid mubarak" pada kolom pencarian template yang berada di bagian atas.

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

3. Setelah itu, akan muncul banyak pilihan template untuk kartu ucapan. Pilihan salah satu desain menarik, kemudian edit sesuai keinginan.

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

3 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya

4. Kamu bisa mengedit tulisan yang tertera di template, termasuk mengubah tipe dan warna tulisan. kamu juga bisa menambahkan foto sendiri ke desain template tersebut.

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

5. Setelah selesai, simpan dan kamu juga bisa membagikannya secara langsung, termasuk ke Instagram dan Facebook.

Aplikasi Canva (Foto: Ist)

Adapun Canva memang bisa diunduh secara gratis, tapi aplikasi ini memiliki layanan in-app purchases. Artinya, ada sejumlah template yang harus dibeli terlebih dahulu agar bisa digunakan. Namun jika tak ingin mengeluarkan biaya, Canva menyediakan cukup banyak template gratis yang bagus.

Selamat mencoba!

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini