Sukses

Ludes Terjual dalam 10 Detik, Ini Harga Nokia X6

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global selaku pembesut merek Nokia tentunya tengah bahagia, sebab Nokia X6 berhasil ludes terjual dalam 10 detik saja.

HMD Global (HMD) telah memulai penjualan smartphone terbarunya, Nokia X6, di Tiongkok pada hari Senin (21/5/2018) waktu setempat.

GSM Arena melaporkan, HMD Global terus berusaha keras agar bisa memenuhi kembali persediaan produknya.

HMD menjual Nokia X6 dengan harga mulai dari US$ 205 atau setara Rp 2,8 juta (asumsi kurs US$ 1 per 13.929).

Nokia X6 yang memiliki RAM 4GB dan memori 32GB dapat dibeli seharga 1.299 yuan atau Rp 2,8 juta.

Lalu, untuk yang membawa RAM 4GB dan ROM 64GB seharga 1.499 yuan atau Rp 3,3 juta, dan terakhir yang memiliki RAM 6GB dan ROM 64GB dapat dibeli seharga 1.699 yuan atau Rp 3,7 juta.

Adapun saat ini Nokia X6 baru dijual di pasar Tiongkok. Setelah melakukan pertimbangan, HMD akhirnya memutuskan untuk menjual Nokia X6 ke berbagai negara lain.

Sebelum memutuskan penjualan Nokia X6 di luar Tiongkok, Chief Product Officer HMD Juho Sarvikas menggelar jajak pendapat di Twitter.

Sarvikas meminta pendapat para pengguna Twitter untuk memilih, apakah Nokia 6X sebaiknya dirilis ke berbagai pasar lainnya atau tidak.

Saat berita ini diulis, 92 persen dari 8.527 suara menilai Nokia X6 sebaiknya dirilis ke berbagai pasar lain juga.

Satu hari setelah jajak pendapat itu, Sarvikas menulis di akun Twitter miliknya, "Terima kasih semua! Hasil telah ditentukan."

Pernyataan ini pun dinilai menggambarkan keputusan HMD Global untuk merilis Nokia X6 di luar Tiongkok.

1 dari 3 halaman

Spesifikasi

Nokia X6 merupakan smartphone kelas menengah baru dari HMD. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5,8 inci dengan resolusi FHD+ 1.080 x 2.280 piksel dan rasio aspek 19:9.

Spesifikasi lainnya termasuk prosesor octa-core Snapdragon 636, dual kamera 16MP dan 5MP, dan kamera depan 16MP. Smartphone ini melenggang dengan pilihan RAM yakni 4GB dan 6GB dan memori internal 32 GB dan 64GB.

Nokia X6 merupakan smartphone pertama HMD yang hadir dengan desain notch atau "poni" di bagian atas layar. Desain notch pertama kali diperkenalkan Apple melalui kehadiran iPhone X, dan setelahnya diikuti oleh sejumlah vendor smartphone lain.

 

2 dari 3 halaman

Siap Rilis Lebih Banyak Smartphone

Selain Nokia X6, HMD dilaporkan juga berencana merilis smartphone lain. Prediksi ini muncul disebabkan HMD mulai menyebarkan undangan acara pengumuman smartphone baru, yang dijadwalkan pada 29 Mei 2018 di Moscow, Rusia.

Sayangnya, HMD tidak mencantumkan informasi tentang produk yang akan diumumkannya.

Pada undangan itu hanya tertulis tentang tanggal, waktu, perwakilan dari HMD, serta tempat acara. CEO HMD, Florian Seiche, CMO Pekka Rantala dan CPO Juho Sarvikas, dipastikan hadir dalam acara tersebut.

Kendati tidak ada konfirmasi tentang nama produk, bocoran informasinya tetap bermunculan di internet. HMD kemungkinan akan mengumumkan tiga varian smartphone baru Nokia dengan nomor model TA-1075, TA-1105 dan TA-1116, dalam acara itu.

Pasalnya, ketiganya disebut telah mendapatkan persetujuan dari regulator di Negeri Beruang Merah.

Pihak HMD belum memberikan kepastian tentang nama dari masing-masing nomor model smartphone tersebut.

Namun, seorang eksekutif HMD sempat mengonfirmasi, perusahaan sedang menyiapkan varian baru dari Nokia 2, 3 dan 5, sehingga ada kemungkinan yang akan diumumkan pada akhir bulan ini adalah ketiganya.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
LG G7+ ThinQ Melenggang di Indonesia, Ini Harganya
Artikel Selanjutnya
Google Pixel 3 Bakal Usung 'Poni' ala iPhone X?