Sukses

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Smartphone Basah

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum, air merupakan musuh utama berbagai macam perangkat elektronik, khususnya smartphone.

Tercebur ke dalam air atau kena tumpahan minuman merupakan mimpi terburuk banyak pengguna smartphone. Yang pasti, kamu pasti akan panik, marah, ingin menangis. Semua perasaan kalut bercampur menjadi satu.

Sebelum panik dan buru-buru ke service center untuk memperbaiki, tujuh (7) hal berikut ini harus kamu hindari ketika smartphone basah.

1. Pencet Tombol atau Goyang-Goyang Smartphone

Sesaat setelah mengangkat dari dalam air, usahakan untuk tidak memencet tombol yang ada di smartphone. Tak hanya itu, kamu juga tidak boleh menggoyang-goyangkan perangkat.

Hal ini tidak boleh dilakukan agar mencegah air tidak masuk ke dalam smartphone dan menyebar ke komponen lainnya.

2. Jangan Pakai Hair Dryer

Meski dapat menjadi ide cepat untuk mengeringkan smartphone yang basah, menggunakan hair dryer malah mendorong air masuk lebih dalam.

Selain itu, panas pengering rambut dan pancaran elektromagnetik dari hair dryer bisa menambah panas yang berlebihan ke ponsel dan berpotensi bisa merusaknya.

 

2 dari 3 halaman

3. Masukkan ke dalam Beras

5 Langkah Mudah Atasi Ponsel Basah

Banyak tips dan trik mengatasi smartphone yang basah menyarankan untuk menggunakan beras untuk proses pengeringan.

Ternyata, partikel-partikel debu yang sering menempel di beras berpotensi masuk ke dalam smartphone dan membahayakan komponen-komponennya.

Ada baiknya kamu menggunakan handuk dan memasukkan smartphone yang basah itu ke dalam wadah tertutup bersamaan dengan silica gel.

4. Jangan Gunakan Oven atau Microwave

Jangan sekali-kali memasukkan smartphone kamu ke dalam oven atau microwave. Bila hair dryer saja sudah berbahaya, memasukkannya ke dalam oven yang memiliki suhu tinggi merupakan hal yang sangat dilarang untuk kamu lakukan.

Suhu tinggi bisa berbahaya untuk komponen listrik yang ada di dalam smartphone. Jadi jangan lakukan ini saat smartphone kamu terkena air ya, guys.

 

3 dari 3 halaman

5. Jangan Simpan di Freezer

Ilustrasi smartphone Android. (Doc: Tech Radar)

Seperti penggunaan beras, banyak kabar yang menyebut memasukkan smartphone yang basah ke dalam freezer dapat mengatasi masalah.

Memang air yang di dalam smartphone membeku, namun bukan berarti hilang seluruhnya. Ketika dikeluarkan dari freezer, air yang membeku tadi akan meleleh dan membasahi komponen di dalam smartphone.

6. Jangan Ditiup

Jangan sesekali kamu meniup smartphone yang terkena air. Hal ini meningkatkan kemungkinan air untuk masuk ke bagian yang lebih dalam lagi.

7. Jangan Bongkar Smartphone

Membongkar smartphone untuk membuka bagian dalam sangat tidak direkomendasikan. Terutama jika smartphone kamu masih memiliki garansi. Membongkar bagian dalam bisa mempengaruhi garansi yang kamu punya.

(Ysl/Jek)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Bye Bye Power Bank, Inilah Smartphone dengan Baterai Kuat hingga 7 Hari
Artikel Selanjutnya
Butuh Dana Buat Bangun Startup? Begini Cara Mudah Gaet Investor