Sukses

Ini Aplikasi yang Bikin Pengguna Smartphone Sengsara, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan aplikasi kini ibarat barang, masing-masing punya kegunaannya sendiri. Ada yang digunakan untuk pesan instan, media sosial, edit foto, gim mobile, bahkan untuk penunjang produktivitas, seperti GPS, pengukur detak jantung, dan masih banyak lagi.

Humanetech, belum lama ini melakukan riset yang mempelajari kalau apakah aplikasi smartphone--pada iOS--benar-benar 'berguna' bagi penggunanya.

Mereka bersama lembaga survei Moment, meriset ke lebih dari 200.000 pengguna iOS apakah aplikasi yang mereka gunakan berdampak khusus, apakah mereka senang menggunakan aplikasi tertentu? Atau, apakah mereka merasa tak bahagia ketika menggunakan beberapa aplikasi lain?

Tekno Liputan6.com sebelumnya sempat mengulas daftar 10 aplikasi yang membuat penggunanya bahagia. Menariknya, deretan aplikasi pada daftar tersebut didominasi aplikasi penunjang produktivitas.

Sementara, daftar aplikasi yang paling membuat penggunanya merasa sengsara malah didominasi aplikasi media sosial dan gim mobile.

Untuk lebih lengkap, berikut daftar 10 aplikasi yang paling membuat penggunanya tidak bahagia, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Humanetech, Senin (23/4/2018).

1. Grindr - 77 persen pengguna tidak bahagia - 61 menit pemakaian harian

2. Candy Crush Saga - 71 persen pengguna tidak bahagia - 46 menit pemakaian harian

3. Facebook - 64 persen pengguna tidak bahagia - 59 menit pemakaian harian

4. WeChat - 62 persen pengguna tidak bahagia - 97 menit pemakaian harian

5. Candy Crush - 59 persen pengguna tidak bahagia - 47 menit pemakaian harian

6. Reddit - 58 persen pengguna tidak bahagia - 56 menit pemakaian harian

7. Tweetbot - 58 persen pengguna tidak bahagia -78 menit pemakaian harian

8. Weibo - 57 persen pengguna tidak bahagia - 73 menit pemakaian harian

9. Tinder - 56 persen pengguna tidak bahagia - 22 menit pemakaian harian

10. Subway Surf - - 56 persen pengguna tidak bahagia - 32 menit pemakaian harian

 

2 dari 3 halaman

3 Aplikasi Ini Ternyata Bikin Baterai Smartphone Boros

Salah satu faktor utama yang membuat penggunaan smartphone menjadi menyenangkan adalah aplikasi. Piranti lunak ini menjadi sesuatu yang wajib ada di setiap smartphone, baik itu iOS, Android atau OS lainnya.

Semakin hari, jumlah aplikasi terus bertambah. Di sisi lain, ternyata kinerja aplikasi turut memengaruhi smartphone itu sendiri. Salah satunya, ternyata aplikasi bisa membuat daya baterai cepat terkuras.

Nah, ada beberapa aplikasi yang banyak digunakan, tapi tanpa disadari membuat baterai smartphone lebih boros. Berikut tiga aplikasi yang bisa membuat baterai smartphone kalian cepat terkuras:

1. Instagram

Instagram merupakan aplikasi media sosial yang memiliki banyak pengguna. Layanan milik Facebook ini menampilkan fitur untuk membagikan kegiatan kalian melalui foto dan video.

Aplikasi ini memiliki timeline yang selalu aktif, sehingga akan membuat baterai smartphone menjadi boros. Jika ingin lebih hemat baterai, kalian dapat menggunakan Instagram versi situs web.

3 dari 3 halaman

Berikutnya

2. Facebook

Sama seperti Instagram, Facebook juag merupakan aplikasi media sosial yang memiliki banyak penggemar. Notifikasi yang masuk akan membuat baterai smartphone menjadi lebih boros.

Selain itu, ketika ada orang yang mengunggah konten di News Feed, maka aplikasi Facebook akan tetap berjalan. Alhasil, hal ini membuat kuota kalian akan terus terkuras dan juga bisa membuat baterai menjadi boros.

3. Google Maps

Google Maps memang sangat berguna untuk membantu menentukan arah jalan. Di sisi lain, performa layanan peta milik Google ini justru juga menjadi salah satu faktor yang membuat baterai boros.

Di samping kegunaannya, aplikasi ini dapat membuat baterai cepat habis karena menggunakan sinyal GPS online. Untuk mengatasinya, jika kalian sedang tidak memakan Google Maps, sebaiknya matikan sinyal GPS agar baterai lebih hemat.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Detik-Detik Bocah Hampir Jatuh dari Kereta Gantung
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Smartphone dengan Radiasi Paling Rendah
Artikel Selanjutnya
Bocoran Antarmuka Baru Spotify, Lebih Fresh dan Kekinian