Sukses

Samsung Siapkan Galaxy A6 Tahun Ini?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan bakal mengubah penamaan untuk seri Galaxy A smartphone besutannya. Setelah merilis Galaxy A8 di awal tahun ini, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu justru dilaporkan tengah mempersiapkan Galaxy A6.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (27/3/2018), kabar ini diketahui dari informasi seputar sertifikasi WiFi. Berdasarkan situs dari Wi-Fi Alliance, perangkat Samsung dengan kode SM-A6000FN ternyata sudah lolos sertifikasi.

Merujuk kode tersebut, besar kemungkinan smartphone yang diduga adalah Galaxy A6. Sekadar informasi, SM-AXXXX kerap dipakai Samsung untuk menandakan smartphone Galaxy A besutannya.

Sebelumnya, bocoran seputar smartphone ini juga sudah muncul di GeekBench. Meski tak banyak informasi yang diungkap, situs itu menyebut ada dua perangkat dengan nomor model mirip, yakni SM-A600FN dan SM A605G.

Mengingat perbedaan nomor model tersebut, ada kemungkinan Galaxy A6 akan hadir dengan Galaxy A6 Plus. Menurut informasi tersebut, Galaxy A6 akan dipersenjatai dengan Exynos 7870 dengan RAM 3GB.

Sementara untuk Galaxy A6 Plus, smartphone ini akan didukung Snapdragon 625 dan RAM 4GB. Kendati demikian, belum dipastikan apakah smartphone ini akan benar-benar mengusung nama Galaxy A6.

Alasannya, Samsung pernah menggunakan nomor model berbeda pada smartphone terbarunya. Sebagai contoh, saat Galaxy A 8, perusahaan itu memakai nomor model SM-A530.

1 dari 3 halaman

Samsung Rilis Duo Galaxy A8 di Indonesia

Awal tahun ini, Samsung sendiri baru saja merilis duo Galaxy A8 di pasar Indonesia. Kedua smartphone kelas menengah ini hadir dengan desain bezeless alias Infinity Display. 

Presiden Direktur Samsung Indonesia Jaehoon Kwon mengatakan, dari pertama kali dirilis Samsung pada 2015, varian seri Galaxy A menyasar kaum milenial.

Menurut Kwon, Fitur-fitur Samsung Galaxy lini A dirasa bisa memenuhi kebutuhan kaum milenial.

"Seiring perkembangannya, pada 2018 milenial ingin lebih banyak lagi, baik dari segi desain maupun fitur. Oleh karenanya, Galaxy A8 dan A8 Plus hadir dengan desain premium Infinity Display seperti pada Galaxy S8 dan Note 8," kata Kwon di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Tidak cuma pada desain, Samsung, kata Kwon, juga menghadirkan kamera yang kualitasnya serupa dengan flagship smartphone, terutama di bidang selfie.

Sekadar informasi, Galaxy A8 dan A8 Plus dilengkapi dengan teknologi dual front camera (kamera selfie ganda) yang dilengkapi kemampuan Live Focus dan aperture F1.7.

Galaxy A8 juga dibekali dengan asisten cerdas Bixby Vision, teknologi keamanan fingerprint, dan face recognition, serta sertifikat IP68 yang membuat smartphone tahan terhadap air.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Galaxy A8 dan A8 Plus

Secara spesifikasi, keduanya menggunakan chipset Exynos 7885 octa-core 2.2GHz Dual ditambah 1.6GHz.

Baik Galaxy A8 dan Galaxy A8 Plus didukung dengan RAM 4GB. Akan tetapi, khusus untuk Galaxy A8 Plus ada opsi RAM 6GB. Memori internal yang ditawarkan memiliki dua opsi, yakni 32GB dan 64GB.

Fitur Always On Display seperti seri Galaxy A sebelumnya juga dibenamkan di smartphone ini. Karena sudah mendukung Magnetic Secure Transmission (MST) dan Near Field Communication (NFC), keduanya dapat digunakan untuk pembayaran via Samsung Pay.

Kedua perangkat ini juga merupakan model pertama dari seri Galaxy A yang mendukung penggunaan Samsung Gear VR. Keduanya akan menjalankan Android 7.1.1.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Samsung Siapkan Galaxy S9 Mini?
Artikel Selanjutnya
Huawei Diprediksi Jadi yang Pertama Rilis Smartphone Lipat