Sukses

Zenfone 5 Max Muncul di Internet, Varian Baru dari Asus?

Liputan6.com, Jakarta - Asus baru saja memperkenalkan lini Zenfone 5 di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018. Ketika itu, Asus langsung mengumumkan tiga model sekaligus, yakni Zenfone 5, Zenfone 5z, dan Zenfone 5 Lite.

Namun, kabar terbaru ternyata menyebutkan ada model Zenfone 5 lain yang diberi nama Zenfone 5 Max. Meski tak diumumkan bersama perangkat lain, informasi mengenai perangkat ini sudah muncul di Geekbench.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (15/3/2018), smartphone ini didukung chipset Snapdragon 660 dengan RAM 4GB. Perangkat ini juga disebut sudah menjalankan Android paling anyar, yakni Android 8.0 Oreo.

Kabar mengenai smartphone ini sebenarnya sempat diketahui pada awal tahun. Ketika itu, smartphone dengan kode ASUS_X00QD ini muncul sebagai perangkat yang sudah lolos sertifikasi WiFi.

Meski belum mengusung nama resmi, berdasarkan kode nama tersebut, dapat dipastikan perangkat ini masuk dalam lini Zenfone Max. Menilik dua model Max sebelumnya, Asus selalu menggunakan kode X00 di perangkat yang dibekali baterai super besar itu.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi lain dari Zenfone 5 Max. Kendati demikian, kemungkinan smartphone ini masih menggunakan desain yang serupa seri Zenfone 5 lain dengan tambahan notch.

2 dari 3 halaman

Asus Geber 3 Model Zenfone 5 di MWC 2018

Sekadar informasi, Asus baru saja meluncurkan tiga smarpthone dari lini Zenfone 5, yakni Zenfone 5Z, Zenfone 5, dan Zenfone 5 Lite. Menurut CEO Asus, Jerry Shen, ketiganya hadir dengan fitur yang lebih cerdas, desain layar bezeless, termasuk konfigurasi kamera ganda.

"Kami memulai proyek ZenFone empat tahun lalu, dengan gagasan untuk menciptakan kemewahan yang dapat dinikmati setiap orang," ujar Shen dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, di Barcelona, Spanyol, yang juga Tekno Liputan6.com hadiri.

Hadir dengan spesifikasi paling tinggi, performa Zenfone 5Z sudah ditopang oleh prosesor terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Untuk menunjang performa yang lebih mumpuni, perangkat ini juga sudah didukung Artificial Intelligence Engine (AIE).

Varian ini memiliki layar berukuran 6,2 inci dengan rasio screen-to-body 90 persen dan memiliki ukuran bodi yang compact, sebanding dengan smartphone berlayar standar 5,5 inci yang ada di pasaran.

"Kami menawarkan aspect ratio baru 19:9 di Zenfone 5, meski demikian ukurannya tak berbeda dari perangkat yang berukuran 5,5 inci," tutur Global Marketing Head Asus, Marcel Campos. 

Sementara Zenfone 5 yang tampil sebagai perangkat kelas menengah dengan desain serupa Zenfone 5Z. Yang membedakan, smartphone ini dipersenjatai oleh Snapdragon 636. 

Terakhir, ada Zenfone 5 Lite yang memiliki layar berukuran 6 inci. Untuk kali pertama, Asus menggunakan sistem 4 kamera, dengan komposisi dua kamera depan dan dua kamera belakang.

3 dari 3 halaman

Harga dan Jadwal Rilis Zenfone 5

"ZenFone 5 merupakan seri Zenfone paling cerdas yang pernah ada, dengan memanfaatkan algoritma kecerdasan buatan canggih dan analisis big data untuk memberikan pengalaman terbaik, mulai dari kamera yang lebih cerdas hingga performa," ujar Shen.

Shen mengungkap ketersediaan model Zenfone 5 ini akan bertahap dimulai dari Zenfone 5 Lite pada Maret 2018, disusul Zenfone 5 pada April 2018. Sementara Zenfone 5Z mendapat jadwal peluncuran paling akhir, yaitu Juni 2018.

Sayangnya, Asus tak mengungkap harga dari seluruh model Zenfone 5 yang diperkenalkan. Chen hanya mengumumkan harga Zenfone 5Z yang dibanderol mulai 479 euro atau sekitar Rp 8 juta.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Smartphone Paling Dicari Warganet Indonesia
Artikel Selanjutnya
Asus ZenFone Max Plus M1 Bidik Fotografer dan Gamer