Sukses

Surat Lamaran Steve Jobs Dilelang, Perkiraan Harga Tembus Rp 682 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Steve Jobs tak dimungkiri merupakan sosok di dunia teknologi yang masih memiliki banyak penggemar. Karena itu, tak heran, sejumlah peninggalan yang berkaitan dengan kehidupannya kerap dilelang.

Terbaru, barang yang akan dilelang dalam waktu dekat adalah surat lamaran kerja Jobs. Surat yang berusia hampir 30 itu tahun itu digunakan Jobs untuk melamar ke perusahaan sebelum dirinya membangun Apple.

Dikutip dari CNBC, Minggu (25/2/2018), surat lamaran tersebut diprediksi akan terjual dengan harga US$ 50 ribu atau Rp 682 juta. Dalam surat yang dibuat dengan tulisan tangan itu, Jobs terlihat sangat tertarik dengan dunia teknologi.

Hal itu dapat dilihat dari jawaban Jobs untuk kemampuan yang dimiliknya. Ia menulis kemampuannya adalah teknik elektronika termasuk desain.

Sebagai tanggapan untuk keahliannya, ia menulis 'ya' di samping kolom pilihan komputer dan kalkulator. Ia juga menambahkan keahlian desain dan teknologi di bagian bawah kolom tersebut. 

Saat menulis namanya, Co-Founder Apple ini menuliskan 'Steven Jobs'. Sementara untuk alamat dan jurusan kuliahnya, ia menulis Reed College dengan jurusan sastra Inggris.

Sekadar informasi, Jobs bekerja di publisher gim Atari sebelum akhirnya bersama Steve Wozniak membangung Apple pada 1976. Rencananya, surat lamaran ini akan dilelang oleh rumah lelang RR Auction pada 8 hingga 15 Maret.

Barang lain dari Jobs yang akan dilelang di kesempatan sama adalah buku manual Mac OS X yang ditandatangani langsung Jobs. Selain itu, ada pula kliping dari koran dengan headline 'iPhone baru dan lebih cepat dijual' bersama dengan foto Jobs.

1 dari 3 halaman

Tanda Tangan Steve Jobs Dilelang

Sebelumnya, tanda tangan Steve Jobs pun sempat dilelang pada akhir 2017. Tanda tangan itu terletak di majalah Newsweek edisi 24 Oktober 1988 dengan sampul Steve Jobs muda.

Majalah tersebut hadir dengan tajuk "Mr Chips, Steve Jobs Puts The Wow Back in Computers". Bersama dengan tanda tangan, Jobs juga menuliskan kata-kata  "I love manufacturing".

Majalah ini diperkirakan akan mendapat tawaran antara US$ 10.000 (sekitar Rp 133 juta) hingga US$ 15.000 (sekitar Rp 200 juta).

2 dari 3 halaman

Komputer Apple-1 Juga Dilelang

Bersama tanda tangan itu, Apple juga melelang produk konsumen pertama, yakni komputer pertama Apple-1. Proses lelang dilakukan oleh RR Auction.

Executive Vice President RR Auction Bobby Livingston mengatakan, komputer Apple-1 yang dilelang itu merupakan milik mantan karyawan Apple bernama Adam Schoolsky.

Sebelumnya, komputer itu dijual pada donor lelang sekaligus kolektor komputer David Larsen. Ia membeli komputer tersebut dengan harga US$ 3.500 (sekitar Rp 46 juta) pada 1955.

Perangkat tersebut berharga US$ 700 ribu (sekitar Rp 9,3 miliar) dan sempat ditawar dengan nilai US$ 155 ribu (sekitar Rp 2 miliar). Untuk diketahui, Steve Wozniak bersama tim Apple membuat 200 unit papan chip Apple-1, dan hanya tersisa 60 unit komputer saat ini.

Kelengkapan lain yang dilelang bersama Apple-1 adalah buku petunjuk asli, tag harga, kotak asli, dan penyimpanan kaset. Benda-benda ini dianggap sebagai bagian dari sejarah Apple.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Akan Dilelang Rp 683 Juta
Artikel Selanjutnya
Tim Cook: Apple Tidak Sontek Android