Sukses

Pengguna Facebook Indonesia Ternyata Punya Teman Paling Banyak

Liputan6.com, Jakarta - Ulang tahun Facebook yang ke-14, juga menjadi perayaan Hari Pertemanan Sedunia. Rangka merayakan momen ini, raksasa media sosial tersebut merilis daftar unik penggunanya dari beberapa negara. Menariknya, Indonesia juga termasuk ke dalam daftar Penghargaan Pertemanan Dunia ini.

Dalam keterangan resmi Facebook Indonesia yang diterima Tekno Liputan6.com pada Senin (5/2/2018), Indonesia termasuk ke kategori negara dengan lingkaran pertemanan paling besar.

Dalam arti, setiap pengguna Facebook di Tanah Air biasanya memiliki jumlah teman paling banyak dibanding negara-negara lainnya.

Tak cuma Indonesia, Facebook juga melampirkan daftar negara lain dengan pengguna terunik. Filipina misalnya, mendapatkan penghargaan negara dengan grup paling banyak.

Beranjak ke Meksiko, juga dinobatkan menjadi negara dengan reaksi cinta paling banyak, Brasil sebagai negara dengan jumlah foto yang ditandai terbanyak, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lengkap, kamu bisa intip daftar pengguna unik negara-negara tersebut pada gambar di bawah ini:

Facebook 3

Facebook menjelaskan, penghargaan ini mengidentifikasi hal unik dari persahabatan yang dimiliki orang di berbagai negara.

Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati, juga mengatakan pengguna Facebook berbagi banyak hal mengenai momen kehidupan, ketertarikan, serta minat dengan teman-teman. Menurutnya, pertemanan merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna Facebook di Indonesia.

"Untuk membantu Anda merayakannya, Anda akan melihat pesan dari Facebook di bagian atas Kabar Berita yang mengucapkan Selamat Hari Pertemanan dengan video Penghargaan Teman yang bisa dipersonalisasi," ujar Sri.

Setelah melihat video pendek ini, pengguna bisa membuat dan membagikan Penghargaan Teman versinya sendiri--baik yang sudah dibuat sebelumnya untuk pengguna atau bisa dibuat menggunakan template pilihannya sendiri, seperti penghargaan "Teman Terbaik", "Pendengar yang Baik," dan "Orang yang Tahu Bagaimana Membuat Saya Tertawa."

2 dari 3 halaman

Zuckerberg Cerita Jatuh Bangun Facebook

Dalam momen ultahnya yang ke-14, CEO Facebook Mark Zuckerberg juga secara spesial menuliskan harapannya untuk Facebook.

"Hari ini adalah ulang tahun Facebook yang ke-14. Ini adalah saatnya kita merenungkan sejauh apa kita berjalan, mulai dari kamar asrama di Harvard hingga saat ini menghadirkan dunia lebih dekat. Ini menjadi momen untuk memikirkan, Facebook harus menjadi lebih baik," tulis Zuckerberg dalam unggahan di akun Facebook yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (5/2/2018).

Zuck juga bercerita, ia baru berusia 19 tahun saat memulai Facebook. Walaupun kini jadi bos perusahaan internet raksasa, dia mengaku dahulu sama sekali tidak tahu apa-apa soal membangun perusahaan.

Suami Priscilla Chan ini juga menuliskan, selama bertahun-tahun Facebook ada, dirinya membuat banyak kesalahan.

"Aku berbuat banyak kesalahan teknis dan keputusan bisnis yang salah. Aku memercayai orang yang salah dan menempatkan orang-orang penuh talenta di posisi yang salah," tuturnya.

Tidak hanya itu, ayah dua orang putri ini berkata, dirinya sempat melewatkan berbagai tren penting, lamban, dan meluncurkan produk setelah produk tersebut gagal.

3 dari 3 halaman

Kesalahan Bikin Facebook Sukses

Lebih lanjut, Zuck mengatakan, kesalahan-kesalahan itulah yang pada akhirnya membuat dirinya sukses menghadirkan miliaran orang ke dalam komunitas Facebook.

Keberhasilan itu, kata Zuck, karena Facebook berusaha menyelesaikan berbagai tantangan. "Kita akan gagal lagi dan lagi, tapi itu adalah satu-satunya cara untuk membuat kemajuan," ujarnya.

Pria 33 tahun ini mengatakan, meskipun sudah menginjak usia 14 tahun, Facebook masih berada di awal perjalanannya dan akan terus memperbaiki layanan.

Tujuan tersebut selalu menjadi kekuatan kami, dan tahun ini kami fokus menjadi lebih baik," ujarnya.

Selama 14 tahun ini, Facebook, kata dia, sudah mendekatkan pengguna dengan keluarga dan teman-teman.

"Saya bangga dengan apa yang kami kerjakan dan bangga menjadi salah satu bagian dari sesuatu yang sangat berarti. Suatu kehormatan bisa ada dalam perjalanan ini dengan kalian," kata Zuck.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Unboxing dan First Impression Galaxy S20 Ultra
Loading
Artikel Selanjutnya
Pasien Sembuh Meningkat, Bamsoet Optimistis Indonesia Bisa Taklukkan Covid-19
Artikel Selanjutnya
Kapolri Minta Penyidik Tak Gampang Penjarakan Orang Saat Pandemi Corona