Sukses

LG Punya 2 Konsep Ponsel Lipat, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - LG merupakan salah satu perusahaan yang dilaporkan sedang berusaha untuk merilis smartphone lipat. Sejumlah informasi mengenai smartphone tersebut juga sudah banyak bermunculan, termasuk soal patennya.

Dilansir Phone Arena, Senin (22/1/2018), berdasarkan sebuah laporan baru, LG memiliki dua konsep untuk ponsel yang bisa dilipat menjadi sebuah tablet, begitu pula sebaliknya. Hal ini diketahui dari dokumen paten LG kepada World Intellectual Property Organization (WIPO).

Berdasarkan keterangan dalam dokumen paten itu, LG menyebut smartphone lipat itu sebagai "ponsel dengan layar fleksibel yang setengah bagiannya bisa dilipat".

Pada konsep desain pertama, ada dua bodi handset dengan satu layar besar yang bisa dilipat setengahnya. Ketika dilipat, maka dari yang awalnya berbentuk seperti tablet menjadi sebuah ponsel.

Konsep kedua smartphone lipat LG (Foto: Phone Arena)

Konsep kedua mirip dengan yang pertama, hanya berbeda pada desain handset setelah dilipat. Pasalnya ketika layar tersebut dilipat, akan ada sedikit bagian di sisi kanan yang berfungsi menampilkan berbagai ikon dan data lainnya.

LG pertama kali mengajukan paten tersebut pada Juli 2017 dan WIPO merilis informasi pendaftarannya pada pekan lalu. Selain LG, Samsung dan Microsoft juga diyakini sedang menyiapkan perangkat mobile yang bisa dilipat.

1 dari 3 halaman

Samsung Diam-Diam Pamerkan Smartphone Layar Lipat di CES 2018

Samsung menghadirkan sejumlah produk teknologi terbaru di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Tak cuma smart TV, komputer, dan home appliances, rival senegara LG ini dilaporkan memamerkan smartphone lipat pertamanya kepada sejumlah klien di sebuah pertemuan rahasia.

Smartphone yang diduga sebagai ponsel lipat Samsung (Sumber: Gizmochina)

Smartphone lipat Samsung ini memiliki desain yang bisa dilipat ke sisi dalam (infolding) dan luar (outfolding) dalam pertemuan terbatas itu. Samsung dilaporkan akan memulai produksi massal smartphone tersebut pada November 2018.

Ini bukan kali pertama Samsung memperlihatkan konsep desain smartphone lipat. Samsung dilaporkan pernah menunjukkan smartphone lipat dalam sebuah pertemuan rahasia di Mobile World Congress (MWC) 2017. Beredar spekulasi, smartphone yang diperkenalkan di CES 2018 merupakan versi pembaruan dari yang ditunjukkan di ajang MWC 2017.

2 dari 3 halaman

Microsoft Surface Phone Kembali Muncul

Berdasarkan laporan pada awal bulan ini, Microsoft disebut masih belum berhenti di bisnis perangkat mobile karena saat ini sedang mengembangkan sebuah produk baru. Perangkat yang diberi nama Surface Phone ini hadir dengan perubahan besar-besaran, yaitu memiliki desain bisa dilipat. Hal ini diketahui dari informasi paten yang beredar.

Paten desain konsep lipat Surface Phone. (Sumber: The Next Web)

Perangkat tersebut dilaporkan akan hadir dengan OS bernama Andromeda OS, yang digadang-gadang sebagai versi hybrid dari Windows 10 Mobile. Namun, karena informasi ini masih sebatas paten, ada kemungkinan Microsoft akan melakukan perubahan.

Kendati berbagai laporan telah beredar, pihak Microsoft belum memberikan konfirmasi terkait kehadiran smartphone lipat Surface Phone.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Huawei Incar Mitra Khusus untuk Garap Smartphone Lipat
Artikel Selanjutnya
Harga Samsung J2, J2 Prime, dan J2 Pro Terbaru 2018, Dari Baru Hingga Bekas