Sukses

5 Gamer eSports dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, ranah eSports dunia berkembang dengan cepat pada 2017. Lihat saja bagaimana turnamen Dota2 The International 2017 (TI7) mampu mengumpulkan total uang hadiah sebesar Rp 144 Miliar.

Dengan nominal tersebut, wajar bilamana TI7 disebut sebagai kompetisi eSports dengan total uang hadiah terbesar dibandingkan kompetisi-kompetisi eSports lainnya.

Dengan semakin maraknya kompetisi eSports yang digelar dengan nominal uang hadiah besar, wajar kalau para pemain profesional eSports bisa mengantongi pundi-pundi yang luar biasa besarnya.

Nah, kira-kira siapa sajakah pemain eSports yang memiliki pendapatan tertinggi di 2017? Tanpa panjang lebar, berikut adalah daftar lengkap yang Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Dota2 : KuroKy - US$ 2,4 juta (Rp 32 miliar)

Kuro 'KuroKy' Takhasomi. (Doc: Dotaesport)

Mengawali daftar ini, Kuro 'KuroKy' Takhasomi dari gim Dota2 merupakan salah satu gamer eSports berpendapatan tertinggi tahun ini.

Berhasil membawa timnya--Team Liquid--menjuarai turnamen The 2017 International (TI7), ia mengantongi uang sebesar Rp 32 miliar sepanjang tahun ini.

Sekadar informasi, Team Liquid sendiri berhasil mengantongi total hadiah sebesar Rp 346 miliar ketika berhasil menjuarai turnamen Dota2 tersebut.

1 dari 3 halaman

2. FIFA 17: Gorilla - US$ 250 ribu (Rp 3,4 miiar)

Spencer 'Gorilla' Ealing. (Doc: EA Sports)

Hingga saat ini Spencer 'Gorilla' Ealing merupakan salah satu gamer FIFA dengan penghasilan tertinggi.

Sebagai salah satu studio gim terbesar, EA Sports 'mengelontorkan' uang yang tidak sedikit ke dalam salah satu turnamen gim terbesar tahun ini, yakni FIFA Interactive World Cup.

Beruntung, Gorilla berhasil menjuarai turnamen tersebut dengan membawa pulang total uang hadiah sebesar Rp 3,4 miliar.

Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai 'UK ESports Player of the Year' saat ajang Esports Industry Awards dan mengantongi pundi-pundi tambahan.

3. League of Legends: Crown - US$ 332 ribu (Rp 4,5 miliar)

Lee 'Crown' Min Ho. (Doc: Slingshot eSports)

Lee 'Crown' Min Ho dan tim Samsung Galaxy membuat sejarah luar biasa di awal 2017 ketika dinobatkan sebagai juara di turnamen League of Legends World Championship.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy juga menjadi tim pertama yang pernah mengalahkan dominasi tim SKT di babak final turnamen kompetisi gim buatan RIOT ini.

Berhasil kalahkan tim unggulan, Samsung Galaxy mengantongi uang hadiah dengan total Rp 23 miliar, yang mana dirinya mendapatkan bagian uang hadiah sebesar Rp 3,7 miliar.

Crown pun berhak atas uang tambahan sebesar Rp 677 juta karena dinobatkan sebagai MVP (Most Valueable Player) di LCK Spring Split.

2 dari 3 halaman

4. CS:GO: FalleN, fer, coldzera, TACO - US$ 312 ribu (Rp 4,2 miliar)

SK Gaming juarai Intel Extreme Masters Sydney 2017. (Doc: ESL)

Tak hanya sebatas perorangan, daftar yang Tekno Liputan6.com rangkum ini juga menyertakan salah satu tim Counter Strike: Global Offensive(CS:GO) terbaik di dunia ini.

Keempat personil SK Gaming, yakni Gabriel 'FalleN' Toledo, Fernando 'fer' Alvarenga, Marcelo 'coldzera' David and Epitacio 'TACO' de Melo, SK Gaming berhasil mengantongi uang hadiah yang cukup besar, yakni Rp 4,2 miliar untuk masing-masing pemain.

Kemenangan terbesar mereka terjadi ketika bertanding di ajang EPICENTER 2017.

5. Overwatch: Ryujehong - US$ 40 ribu (Rp 549 juta)

Ryu 'Ryujehong' Je Hong. (Doc: Inven Global)

Jelang gelaran Overwatch League yang berpotensi hadirkan total uang hadiah yang besar nominalnya di tahun depan, Ryu 'Ryujehong' Je Hong berhasil meraih Rp 549 juta di kompetisi tahun ini.

Uang hadiah terbesar yang ia dapatkan datang dari kemenangan tim Lunatic Hai di ajang APEX Season 3, di mana timnya berhasil menerima uang hadiah sebesar Rp 1,2 miliar.

Ia juga menerima uang tambahan sebesar Rp 27 juta karena dianugerahi gelar MVP di kompetisi.

Namun, ia akan mendapatkan penghasilan lebih banyak pada 2018 di mana Seoul Dynasty (tim wakil Korea Selatan di kompetisi Overwatch), karena setiap pemain Overwatch League dijamin menerima gaji minimal Rp 677 juta.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Gelar Indonesia Games Championship 2018
Artikel Selanjutnya
Capcom Bakal Daur Ulang Gim Lawas Onimusha?