Sukses

Korsel Restui Rencana Pembangunan Pabrik OLED LG di Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Rencana LG membangun pabrik panel Organic Light-Emiting Diode (OLED) tampaknya berjalan mulus. Kementerian Perdagangan Korea Selatan (Korsel) mengumumkan bahwa komite telah menyetujui rencana LG Display Co Ltd untuk membangun fasilitas produksi panel OLED di Tiongkok.

Dilansir Reuters, Rabu (27/12/2017), persetujuan itu keluar lima bulan setelah anak usaha LG Corporation tersebut mengumumkan rencana investasi dalam skala besar pada produksi OLED di Guangzhou, Tiongkok. Pembangunan pabrik ini merupakan respons atas meningkatnya permintaan terhadap layar tersebut untuk TV di pasar luar negeri.

Persetujuan Pemerintah Korsel itu bukan tanpa syarat. Kementerian Perdagangan Korsel mengungkapkan, dengan persetujuan tersebut, LG Display harus mendorong penggunaan peralatan dan berbagai material lokal. Selain itu, juga harus berinvestasi di Korsel dan memperkuat berbagai proses seperti pemeriksaan keamanan.

Logo LG di CES 2017. Liputan6.com/Corry Anestia

LG Display merupakan salah satu manufaktur terbesar di dunia untuk panel LCD, TFT-LCD, OLED, dan layar fleksibel. Perusahaan memiliki kantor pusat di Seoul, Korsel, serta saat ini mengoperasikan sembilan pabrikasi dan tujuh fasilitas perakitan back-end di Korsel, Tiongkok, Polandia dan Meksiko.

1 dari 2 halaman

Panel OLED untuk Apple

Ambisi LG memperbesar suplai panel OLED sudah tersebar sejak beberapa waktu lalu. Selain untuk TV, konsumen dari kalangan vendor smartphone juga mulai tertarik pada panel OLED, termasuk Apple.

Apple sudah lama dikabarkan tengah berusaha agar tidak bergantung pada Samsung sebagai pemasok layar OLED untuk iPhone X. Oleh karena itu, perusahaan sedang mengupayakan bisa mendapatkan pemasok baru untuk layar tersebut dan LG menjadi calon terkuat.

Menurut sebuah laporan, Apple dan LG Display telah menandatangani kesepakatan perihal suplai OLED. LG Display sendiri sudah mempersiapkan peralatan produksi agar bisa menyuplai sekira 60 juta panel OLED untuk Apple. Proses produksi diprediksi mulai sekira Juni 2018.

Pihak LG Display beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan belum memiliki informasi apa pun yang bisa disampaikan terkait iPhone X.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
LG Pamer Perangkat Berteknologi Kecerdasan Buatan di InnoFest 2018
Artikel Selanjutnya
Jelang Rilis, LG Q7 Dapat Restu dari FCC