Sukses

Apple dan LG Sudah Sepakat soal Suplai OLED?

Liputan6.com, Jakarta - Apple sejak beberapa waktu lalu dikabarkan tengah berusaha agar tidak bergantung pada Samsung sebagai pemasok layar OLED iPhone X. Oleh karena itu, perusahaan saat ini sedang mengupayakan bisa mendapatkan pemasok baru untuk layar tersebut.

Apple sepertinya sudah mendapatkan jalan keluar dari persoalan itu. Menurut sebuah laporan baru, Apple dan LG Display telah menandatangani kesepakatan perihal suplai OLED.

LG Display sendiri sudah mempersiapkan peralatan produksi untuk menyuplai sekira 60 juta panel OLED untuk Apple. Proses produksi diprediksi akan dimulai sekira Juni 2018.

Pihak Apple dan LG sendiri belum memberikan konfirmasi apa pun terkait laporan baru ini. Namun, LG Display beberapa hari lalu mengungkap, pihaknya belum memiliki informasi apa pun yang bisa disampaikan terkait iPhone X.

"Terkait kesepakatan suplai OLED untuk iPhone X, belum ada yang diatur secara rinci. Setelah semuanya dapat dipastikan, kami akan mengumumkannya," jelas pihak LG Display seperti dilansir Phone Arena, Minggu (10/12/2017).

 

1 dari 2 halaman

Apple Tak Ingin Bergantung pada Satu Perusahaan

Ini bukan kali pertama kerja sama antara Apple dan LG Display terjalin. Apple telah menggunakan panel LCD buatan LG Display untuk iPhone selama bertahun-tahun.

Sayangnya, produksi panel OLED tidak semudah LCD, sehingga Apple tidak memiliki banyak pilihan pemasok. Saat ini, divisi layar Samsung merupakan satu-satunya perusahaan yang bisa memproduksi jumlah panel OLED yang diinginkan Apple.

Hal inilah yang menjadi alasan Apple memilih Samsung sebagai satu-satunya pemasok panel OLED. Apple dan Samsung Display dilaporkan memiliki kesepakatan untuk 67 juta panel iPhone X.

Jika LG Display bisa menjadi mitra pemasok OLED, maka kerja sama ini akan mengurangi ketergantungan Apple terhadap Samsung.

Menurut perusahaan riset Counterpoint, Apple diprediksi menjual 130 juta unit iPhone X selama dua tahun ke depan. Artinya, LG Display masih memiliki peluang tidak hanya berkontribusi terhadap produksi panel, tapi juga mendapatkan keuntungan besar dari penjualan tersebut.

LG Display pada November 2017 mengumumkan bahwa perusahaan akan berinvestasi sekira US$ 137 juta miliar untuk produksi panel OLED TV dan perangkat mobile dalam tiga tahun ke depan.

Dua pertiga dari uang tersebut disisihkan untuk layar OLED smartphone. Peningkatan biaya ini dinilai dapat membuat LG Display bersaing dengan Samsung dalam hal kualitas dan hasil produksi OLED.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mewah, Ada iPhone X Berkelir Emas
Artikel Selanjutnya
Huawei Diprediksi Jadi yang Pertama Rilis Smartphone Lipat