Sukses

Avast Akuisisi Perusahaan Pembuat CCleaner

Piriform mengklaim CCleaner sudah mengantongi 130 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk 15 juta pengguna di ekosistem Android.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan siber Avast baru saja mengakuisisi Piriform, perusahaan di balik aplikasi CCleaner.

Piriform didirikan di London pada tahun 2004. Perusahaan membuat sejumlah program utilitas dan alat optimalisasi lintas sistem operasi yang meliputi Windows, Mac, dan Android. Produk yang paling banyak dikenal dan mendunia dari Piriform adalah CCleaner.

Dengan program ini, pengguna Windows, Mac, dan Android antara lain dapat menghapus file temporer atau file sampah yang tersisa dari penggunaan program di sistem operasi. Dengan demikian, sisa kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat menjadi lebih banyak.

Piriform mengklaim CCleaner sudah mengantongi 130 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk 15 juta pengguna di ekosistem Android.

Sementara Avast dibentuk pada tahun 1988 dan merupakan salah satu merek paling terkenal di dunia keamanan siber. Belum lama ini AVG juga mencaplok kompetitornya melalui sebuah kesepakatan senilai US$ 1,3 miliar.

Akuisisi ini menciptakan entitas baru dengan lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia, dengan sekitar 60 juta pengguna di antaranya berada di AS. 

Bagi Avast, akuisisi terhadap Piriform sangat masuk akal, mengingat popularitas CCleaner dan Avast sangat berpotensi untuk menawarkan pengalaman terbaik bagi penggunanya dalam hal keamanan dan performa sistem.

Tonton video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelengkap Avast Cleanup dan AVG TuneUp

Di luar CCleaner, Avast sudah memiliki dua produk serupa yaitu Avast Cleanup dan TuneUp (di bawah naungan AVG). Dengan demikian, CCleaner sebagai produk terpisah dapat menjadi pelengkap bagi Avast Cleanup dan TuneUp.

"Kami melihat banyak kesamaan antara CCleaner dan Avast. Ini akan menjadi produk baru yang hebat bagi basis pengguna kami," kata CEO Avast Vince Steckler dalam pernyataannya.

Avast dan CCleaner merupakan dua produk teratas di situs download populer. Keduanya dikenal baik di kalangan pengguna tingkat lanjut yang menginginkan kinerja optimal pada perangkatnya. 

"Jadi kami yakin akan ada ketertarikan besar dari pelanggan CCleaner dalam menggunakan produk keamanan Avast. Begitu pula sebaliknya," tutur Steckler menambahkan.

Apa dampak akuisisi ini bagi merek CCleaner? Serupa dengan AVG TuneUp, yang masih ditawarkan dan beroperasi sebagai layanan terpisah, Avast pun akan terus mengoperasikan CCleaner secara tersendiri.

Kesepakatan ini bisa menjadi gerbang pembuka untuk akuisisi pelanggan di antara produk-produk tersebut di atas. Di sisi lain Avast juga membuka akses cross-sell produk miliknya ke pengguna CCleaner. 

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.