Sukses

Inilah 4 Tipe Perilaku Pengguna Facebook, Kamu yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu, setiap bulannya ada sekitar 2 miliar orang mengakses Facebook, di mana rata-rata pengguna menghabiskan 35 menit per harinya?

Ya, dari banyaknya pengguna Facebook, ternyata studi terbaru meneliti bahwa terdapat jenis karakteristik pengguna Facebook berbeda berdasarkan perilakunya.

Studi yang dilakukan pelaku riset di Brigham Young University ini mengkompilasikan 48 alasan paling berpotensi mengapa orang-orang ingin terus menggunakan Facebook. Alasan diambil berdasarkan survei yang diadakan belum lama ini.

Setiap orang yang disurvei ditanyakan alasan mengapa mereka ingin menggunakan Facebook. Masing-masing juga diwawancara terkait mengapa Facebook menjadi media sosial paling berpengaruh bagi mereka.


Setelah dirangkum, para pelaku survei menyimpulkan ada empat tipe perilaku pengguna Facebook dari sejumlah alasan yang dilontarkan. Adapun di antaranya adalah Relationship Builder, Town Criers, Selfie, dan Window Shoppers. Berikut masing-masing penjelasannya sebagaimana dikutip laman Mirror, Jumat (7/7/2017).

Relationship Builder

Pengguna ini adalah jenis pengguna yang lebih mengutamakan Facebook sebagai wadah utama untuk menghubungkan mereka ke rekan, kerabat keluarga dan orang-orang terdekat.

"Mereka menggunakan Facebook sebagai alat untuk berkomunikasi kepada orang-orang. Mereka ingin hubungan dengan semua orang terus terjalin, dan salah satu instrumennya adalah Facebook," kata Tom Robinson, salah satu pimpinan riset.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Town Criers & Selfies

Town Criers

Sesuai dengan namanya, Town Criers adalah tipe pengguna Facebook yang lebih suka berbagi informasi tentang apa yang sedang terjadi,

"Mereka selalu suka berbagi informasi baru, me-repost berita-berita terkini, mengumumkan acara-acara yang sedang berlangsung. Mereka tidak suka sharing tentang informasi pribadi," jelas Robinson.

Selfies

Tak perlu penjelasan lebih, tips pengguna Facebook yang satu ini jelas termasuk pengguna yang sering menggunakan Facebook untuk mengunggah foto selfie-nya.

"Pengguna tipe selfie lebih fokus untuk mendapatkan perhatian, seperti "likes" dan "comments". Mereka itu punya mindset seperti ini: 'Semakin sering saya mendapat notifikasi, berarti saya lebih diterima di lingkungan pertemanan (Facebook) saya," terang Robinson.

3 dari 3 halaman

Window Shoppers

Window Shoppers

Tipe pengguna Windows Shoppers, menurut salah satu pelaku riset Clark Callahan, adalah pengguna yang jarang mengunggah posting atau pun update. "Mereka lebih suka melihat aktivitas orang lain di Facebook, semacam silent reader. Namun mereka memahami apa yang sedang berlangsung, lebih peka dengan isu-isu," terang Callahan.

Nah, berdasarkan empat (4) tipe perilaku pengguna Facebook di atas, kamu lebih condong ke yang mana?

(Jek/Cas)

Loading