Sukses

Menikmati Nuansa Indonesia di Kantor Bhinneka.com

Liputan6.com, Jakarta - Kantor perusahaan e-Commerce atau startup biasanya mengusung suasana santai sekaligus nyaman untuk bekerja. Begitu juga dengan Bhinneka.Com, perusahaan e-Commerce yang menjual komputer, gadget, hingga peralatan fotografi.

Kali ini kantor Bhinneka.Com yang dikunjungi oleh Daily Social beralamat di Jalan Gunung Sahari Raya 73 C No 5-6, Jakarta Pusat. Kantor Bhinneka.Com tak hanya menghadirkan suasana kerja kantoran. Di kantor yang terdiri dari empat lantai itu, tim Bhinneka.Com menata sebaik mungkin mulai dari lobi hingga bagian kantor dan berbagai ruangan di dalamnya.

Komisaris sekaligus Co-founder Bhinneka.com Nicholas Tio mengungkapkan, di lantai 1 misalnya, mengusung konsep 3 in 1 yang terdiri dari lobi, coffee shop, dan toko fisik.

"Kafe ini dijalankan oleh partner profesional di bidang coffe shop. Di Bhinneka itu kita banyak engagement dengan customer, jadi selain memberikan ruang yang enak buat bekerja, customer juga nyaman," kata Nicholas dalam video kunjungan ke kantor Bhinneka.Com.

Di dalam kafe pun Bhinneka.Com tetap mengusung ciri Indonesia, yakni dengan memasang sebuah lukisan peta Indonesia dengan keterangan asal kopi dari berbagai daerah Nusantara.

Setelah kafe, ruangan selanjutnya adalah toko fisik Bhinneka.Com. Menurut Nicholas, Bhinneka.Com merupakan toko online yang menerapkan konsep O2O (online to offline), sehingga berusaha memberikan pengalaman pada pelanggan meskipun belanja dilakukan secara online.

"O2O memberikan experience, jadi kita belanja online untuk kenyamanan. Namun kalau di store itu ada personal touch, jadi bisa melihat barangnya seperti apa, jadi lebih nyaman," kata Nicholas.

Ia kembali menambahkan, Bhinneka.Com ingin menciptakan pengalaman nyaman, sehingga kantor tersebut sengaja dibuat memiliki store yang nyaman dan homie. "Jadi bisa santai," tuturnya.

Sementara itu, lantai 2 dan 3 digunakan sebagai working space alias tempat kerja. Meski begitu, suasana Indonesia begitu terasa di kantor Bhinneka.Com lantai 2, yakni dengan ornamen dan pajangan-pajangan dari berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja pajangan topeng-topeng Indonesia, payung dan gapura Bali, meja kursi Betawi, dan angklung Jawa Barat.

Di lantai 2 juga terdapat ruang teater yang dapat digunakan berbagai keperluan, baik untuk meeting maupun ruang kerja. 

Selanjutnya, karyawan dari divisi corporate sales menempati lantai 2 dan 3 dengan meja tanpa pembatas dan kubikel, sehingga suasana kerja menjadi lebih terbuka dan akrab. Kemudian, lantai 4 menjadi kantor bagi tim IT dan data center. Sementara tim engineer berkantor di kantor Bhinneka.Com di Jalan Abdul Muis.

Uniknya, meskipun memiliki lantai cukup tinggi, kantor Bhinneka.Com tidak dilengkapi dengan lift untuk menerapkan hidup sehat. "Di sini tidak ada lift, healthy life," kata Nicholas.

Selain satu gedung utama, di lokasi yang sama juga terdapat sebuah gedung lainnya yang difungsikan untuk terminal service. "Customer yang mengalami kerusakan bisa melakukan perbaikan di terminal service," kata Nicholas. Gedung itu juga dipakai untuk tim human resource, general affair, dan customer support.

Menurut Nicholas, kantor Bhinneka.Com dibuat sedemikian santai dan nyaman agar suasana kerja lebih hidup dan tidak membosankan. "Karena (perusahaan) e-Commerce kan industri dinamis, jadi nuansanya harus tetap bersemangat," tutur Nicholas.

(Tin/Why)