Sukses

Soal iPhone Meledak di Tiongkok, Apple Salahkan Faktor Eksternal

Apple telah melakukan investigasi yang hasilnya adalah mereka tak bisa disalahkan atas meledaknya sejumlah iPhone di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Kini banyak pengguna merasa cemas ponselnya bisa meledak secara tiba-tiba. Hal ini menyusul banyaknya kejadian yang melibatkan ponsel meledak di berbagai negara.

Tak cuma Galaxy Note 7 milik Samsung, sejumlah ponsel iPhone besutan Apple pun terbakar dan atau meledak di sejumlah negara, salah satunya di Tiongkok.

Mengutip laporan Ubergizmo, Jumat (9/12/2016), pengguna iPhone tak perlu panik sebab ponsel berbasis iOS itu tak akan meledak secara massal. Apple mengklaim, pihaknya telah melakukan investigasi yang hasilnya adalah mereka tak bisa disalahkan atas insiden sejumlah iPhone meledak di Tiongkok.

Malahan, Apple menyebut sejumlah iPhone yang telah diinvestigasi menunjukkan kerusakan fisik secara eksternal yang memicu ledakan. Artinya, ada kemungkinan bahwa iPhone itu pernah terjatuh atau rusak, sehingga membuat baterai di dalamnya membengkak dan memicu ledakan.

Apple juga mengemukakan kemungkinan lain yang dapat menyebabkan iPhone meledak, misalnya pengguna memakai aksesori buatan pihak ketiga yang tak tersertifikasi.

Sebelumnya, dalam sebuah uji coba terhadap pengisi daya iPhone dari pihak ketiga ditemukan bahwa 99 persen aksesori palsu tidak lulus uji.

Oleh sebab itu, ada kemungkinan hal inilah yang menyebabkan iPhone mengalami ledakan di berbagai negara, termasuk Tiongkok.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini