Sukses

LocalStartupFest, Wadah bagi Startup Lokal untuk Kenalkan Produk

LocalStartupFest akan menjadi wadah bagi para pegiat startup lokal untuk berkumpul dan mengenalkan produknya secara langsung kepada pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan startup digital di Indonesia kian deras. Banyak startup digital bermunculan seiring dengan peningkatan ketertarikan masyarakat terhadap solusi yang ditawarkan startup.

Struktur industri pun terus berubah, diiringi perkembangan teknologi. Bahkan, Indonesia kini kian dipercaya akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan utama startup di Asia Pasifik. Namun di sisi lain, perkembangan startup digital selalu diiringi dengan tingginya jumlah startup yang gagal di pasar.

Ada berbagai alasan startup gagal, mulai dari tidak berhasil mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat, tidak mendapatkan investasi, gagal melakukan perencanaan yang tepat terhadap dana investasi yang diraih, produk yang tidak memperhatikan kebutuhan pasar, hingga kegagalan para pendiri startup tersebut untuk meraih user secara tepat dengan budget efisien.

Penggagas Local.co.id, Sayed Muhammad, menuturkan penting bagi startup untuk meraih target user yang tepat dari produk yang dikembangkan. Hal ini mendorong Local.co.id bersama Komunitas #StartupLokal berencana menyelenggarakan LocalStartupFest, festival yang menjadi wadah bagi para pegiat startup lokal untuk berkumpul dan mengenalkan produknya secara langsung kepada ribuan pengguna potensial.

"Berbeda dengan festival startup lainnya yang lebih berfokus untuk mencari partner dan investor, LocalStartupFest justru terfokus untuk menghasilkan user baru sebanyak-banyaknya kepada para startup yang bergabung. Karena itu, kami berupaya mengemas acara ini dengan gaya lebih santai dan menarik agar pengunjung yang datang berasal dari berbagai kalangan," kata Sayed kepada Tekno Liputan6.com, dalam pernyataannya.

Direncanakan untuk digelar di The Space Senayan City pada 24-26 Februari 2017, LocalStartupFest akan menggabungkan berbagai kegiatan mulai dari konferensi yang akan diisi oleh narasumber berpengalaman di industri startup, workshop tentang bagaimana membangun startup, recruitment pitch bagi para startup untuk mencari talenta terbaik untuk bergabung bersama mereka, hingga networking night yang bisa menjadi tempat bagi para pendiri startup untuk berkumpul dengan para investor.

"Dengan menjadi bagian dari LocalStartupFest, para pegiat industri startup tanah air dapat memperkenalkan produknya secara langsung dan personal kepada puluhan ribu pengguna potensial. Mereka juga dapat menerima umpan balik langsung dari pengguna mengenai produknya, kesempatan bertemu calon investor, hingga mengumumkan lowongan pekerjaan yang tersedia di startup mereka," kata Sayed melanjutkan.

Informasi lebih lanjut tentang LocalStartupFest dapat ditemukan di www.localstartupfest.id atau instagram @LocalStartupFest.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.