Sukses

The Big Start Indonesia dari Blibli.com Jaring Pengusaha Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Blibli.com sebagai salah satu pelaku eCommerce Indonesia resmi meluncurkan program kompetisi baru untuk pengusaha Indonesia. Program bernama The Big Start Indonesia ini merupakan web series kompetisi pertama yang fokus pada pencarian pengusaha kreatif Tanah Air.

Kompetisi yang turut didukung Badan Ekonomi Kreatif Indonesia ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memenangkan total hadiah modal usaha senilai Rp 1 milliar. Selain itu, pemenang akan mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual, bimbingan langsung dari ahli, dan kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi dan networking.

"Kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya agar (peserta, red.) tak sekadar memenangkan hadiah, namun juga bisa mendapatkan pembelajaran dari ahli," ujar Chief Executive Officer Blibli.com, Kusumo Martanto saat peluncuran program The Big Start Indonesia di Jakarta, Senin (25/7/2016).

Lewat kompetisi ini, Blibli.com juga ingin mengajak merek-merek lokal terus berkembang, utamanya pengusaha muda yang ingin memperluas dan memproduksi barang dengan ciri khas Indonesia dan berkualitas bagus.

Triawan Munaf, Kepala BEKRAF yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan kompetisi ini selain diharapkan dapat merangkul pelaku bisnis lokal, sekaligus mampu dikembangkan dengan standar internasional.

"Kami ingin pemain bisnis yang masih kecil ini bisa terus ditingkatkan, sehingga kreativitas mereka tak terhenti," tutur Triawan. Hal itu penting mengingat promosi berperan vital bagi para pengusaha kreatif lokal di Indonesia.

Pendaftaran kompetisi ini sudah dibuka sejak awal bulan Juni hingga Agustus 2016. Para pengusaha dapat mendaftarkan produk dan mengisi data mereka di microsite yang disediakan.

Pada tahap awal akan dipilih 100 finalis, yang akan dikerucutkan menjadi menjadi 20 finalis. Nantinya, kegiatan selama masa karantina para finalis dapat disaksikan di kanal YouTube The Big Start Indonesia pada bulan September hingga Oktober 2016 setiap hari Selasa dan Kamis.

Selain oleh Triawan Munaf, 20 finalis yang mengikuti karantina akan dibimbing para mentor seperti Daniel Mananta, Founder dan CEO Damn! I Love Indonesia; Stephanie Yoe, Babson Global Ambassador untuk Indonesia & Business Development Manager Blibli.com; Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation; dan Henry C. Widjaja, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Pengumuman 100 finalis tahap pertama seleksi akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2016. Setelah itu, penentuan 20 finalis yang masuk dalam kompetisi ini akan dipilih melalui sistem pemungutan suara.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.