Sukses

Jaga-jaga Sebelum Hilang, Lakukan 5 Hal Ini di Smartphone Anda

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan smartphone mungkin menjadi hal yang menyebalkan dan merugikan bagi sebagian besar orang pada saat ini.

Bagaimana tidak, dengan penggunaan smartphone yang kian masif, perangkat ini telah menjadi media untuk menyimpan berbagai data dan mendukung aktivitas seseorang.

Namun, tak ada salahnya sebelum smartphone Anda benar-benar hilang dapat melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mencegah kerugian yang lebih besar.  

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com merangkum informasi dari laman Tech Radar, Selasa (25/4/2016), tentang langkah yang perlu disiapkan sebelum smartphone Anda hilang atau dicuri.

Perlu diingat bahwa langkah ini merupakan antisipasi yang mungkin dapat menolong ketika smartphone Anda hilang. Oleh sebab itu, sebelum hilang tak ada salahnya untuk selalu memastikan smartphone Anda berada dalam pengawasan. 

1. Gunakan Fitur Pengunci Layar

Hal ini mungkin salah satu cara yang paling umum dilakukan sebagian besar pengguna smartphone saat ini. Meskipun sederhana, cara ini setidaknya dapat mencegah seseorang yang tak bertanggung jawab masuk dengan mudah ke perangkat Anda.

Fitur seperti password, PIN, pola kuncian, termasuk pemindai sidik jari adalah kemampuan penguncian layar yang sudah tersedia di perangkat Anda.

Semakin rumit dan semakin canggih teknologi penguncian layar yang digunakan, tentu membuat orang lain semakin sulit masuk ke perangkat Anda.

2 dari 3 halaman

Atur PIN di Kartu SIM

2. Atur PIN di Kartu SIM 

Meskipun pengguna telah memasang fitur pengunci layar, tak jarang pencuri dapat langsung mengambil kartu SIM di perangkat tersebut dan memasang di perangkat miliknya. 

Kondisi itu tentu dapat dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk melakukan hal yang merugikan Anda.

Untuk mencegah hal tersebut, tak ada salahnya mencoba mengaktifkan fitur pengunci PIN pada kartu SIM perangkat. Lewat fitur ini meskipun SIM dipindah ke perangkat lain, pencuri tak bisa menggunakannnya sebelum memasukkan PIN yang benar.

Dengan demikian, setidaknya pencuri tak bisa menghubungi orang lain atau menggunakan pulsa Anda untuk melakukan hal yang tidak bertanggung jawab.

3. Kustomisasi Pengunci Layar

Selain menggunakan pengunci layar, hal lain yang juga perlu dilakukan adalah melakukan kustomisasi pada layar yang terkunci. Bentuk personalisasi yang bisa dilakukan adalah menulis informasi mengenai kontak Anda ataupun kontak yang dapat dihubungi.

Dengan demikian, apabila smartphone Anda tertinggal di kereta atau jatuh di tengah jalan, orang yang menemukannya dapat segera menghubungi Anda. Fitur ini juga sudah hadir pada sistem operasi Android, BlackBerry, termasuk iOS.

Namun, perlu diingat fitur ini tak mungkin berfungsi ketika daya baterai sudah habis. Untuk itu, Anda dapat memakai atribut atau sticker pada smartphone sebagai alternatif informasi.

3 dari 3 halaman

Pakai Aplikasi Pencari Smartphone

4. Gunakan Aplikasi Pencari Smartphone

Saat ini seluruh sistem operasi smartphone sudah memiliki fitur pencarian perangkat. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mendeteksi perangkat yang ingin dicari dengan masuk ke situs ataupun mengaksesnya dari perangkat lain.

Selain fitur pencarian, ada pula fitur alarm yang memungkinkan pengguna membunyikan perangkatnya dari jarak jauh. Lalu ada fitur wipe untuk menghapus seluruh data di smartphone sebelum diketahui dan digunakan oleh orang lain.

Namun, cara ini juga mensyaratkan ketersediaan baterai yang cukup dan juga jaringan internet. Oleh sebab itu, apabila pelaku pencurian smartphone mengambil kartu SIM Anda, fitur ini menjadi tak berguna.

5. Buat Cadangan Data di Smartphone

Salah satu cara yang juga cukup efektif ketika smartphone Anda hilang adalah cadangan data yang sudah disiapkan. Dengan adanya cadangan data, Anda tetap bisa mengakses data-data yang ada di smartphone Anda yang hilang atau dicuri.

Untuk itu, tak ada salahnya apabila Anda harus mulai membuat cadangan dari data-data di smartphone yang dimiliki. Apalagi saat ini, masing-masing sistem operasi sudah memiliki fitur pencadangan otomatis dan terhubung dengan penyimpanan awan besutannya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan penyimpanan awan dari pihak ketiga untuk mengamankan data di smartphone. Selain foto dan kontak, pencadangan juga dapat dilakukan untuk aplikasi atau game yang sudah mendukung fitur tersebut.

(Dam/Cas)

Unboxing dan First Impression Galaxy S20 Ultra
Loading
Artikel Selanjutnya
Keinginan Hengky Kurniawan Tawarkan Rumahnya untuk Tim Medis Ditolak Warga Setempat
Artikel Selanjutnya
Neona Ajak Penggemar Berjoget Dalam Pembuatan Video Klip The Next Gen