Sukses

Ada Hybrid SIM Card Slot di Galaxy S7 dan S7 Edge, Apa Itu?

Samsung menyematkan SIM card slot model baru bernama hybrid SIM card slot. Apa fungsi slot ini?

Liputan6.com, Barcelona - Pembaruan lain yang dikantongi Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge adalah SIM card slot model baru bernama hybrid SIM card slot. Slot ini berfungsi sebagai tempat SIM card dan micro SD secara bersamaan.

Bodi Atas Samsung Galaxy S7 Edge - SIM Card Hybrid (SIM Card Slot dan Micro SD Slot Menyatu). Foto: Liputan6.com/Iskandar
Terdapat pula varian dengan pilihan slot yang menempatkan dual nano SIM card. Mengapa bisa berbeda? Itu tergantung pada negara di mana kedua smartphone ini dipasarkan.

Hal menarik lainnya adalah kembalinya micro SD slot yang sebelumnya sempat dipangkas di Galaxy S6. Menurut keterangan Samsung pada sesi presentasi sebelum Samsung Galaxy Unpacked 2016 di Barcelona, yang juga dihadiri Tekno Liputan6.com, keputusan ini diambil sebagai bentuk feedback dari konsumen yang menginginkan adanya micro SD slot hadir kembali untuk melengkapi aktivitas sehari-hari. 

Sebelumnya, pengguna harus puas dengan memori internal hingga 64GB di Galaxy S6. Saat itu Samsung mengklaim, ketersediaan memori internal sudah mumpuni yang mana memiliki kemampuan membaca hingga 3GB per detik.

Tapi nyatanya, pengguna tidak cukup puas dengan hal tersebut karena belum bisa memenuhi aktivitas mereka sehari-hari. Terutama bagi pengguna yang gemar bermain game.

Skor CPU Z Samsung Galaxy S7 Edge. Foto: Liputan6.com/Iskandar
Adapun di Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7, memori internal yang diusung adalah 32 dan 64GB -- Universal Flash Storage (UFS) 2.0.

Jika kapasitas ini dirasa tak cukup, seperti yang disebutkan sebelumnya, pengguna dapat menambahkan microSD hingga 200GB. Sementara untuk memori RAM, Samsung mengadopsi RAM berjenis LPDDR4 sebesar 4GB.

Untuk keperluan fotografi, smartphone berbasis Android 6.0.1 Marshmallow ini menyematkan kamera belakang dengan sensor beresolusi 12 megapiksel (MP), dan mengusung teknologi Dual Pixel.

Sensor kameranya mendukung aperture hingga f/1.7, lebih lebar dari Galaxy S6 Edge yang dibekali aperture f/1.9. Imbasnya, bukaan aperture tersebut memungkinkan kamera membidik objek dengan detail tinggi meski di kondisi kurang cahaya sekali pun.

Sementara kamera depan memiliki resolusi 5MP yang mampu mengakomodasikan hasrat pengguna untuk ber-selfie ria. 

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini