Sukses

6 Ramalan Bill Gates yang Jadi Kenyataan

Di tahun 1999, Bill Gates sempat menulis sebuah buku berisi ramalan bisnis bertajuk `Business @ the Speed of Thought.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 1999 silam, pendiri sekaligus ikon dunia teknologi Bill Gates sempat menulis sebuah buku bertajuk `Business @ the Speed of Thought.` Dalam buku itu, Gates membuat 6 ramalan terkait perkembangan industri teknologi di masa depan.

Dan luar biasanya, seorang mahasiswa bisnis bernama Marcus Kirjonen di dalam blog-nya berhasil membuktikan bahwa seluruh ramalan orang terkaya di dunia itu 100% terwujud di era sekarang ini.   

Anda penasaran apa saja ramalan Gates? Berikut 6 ramalan perkembangan industri teknologi Gates yang saat ini menjelma menjadi nyata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Membandingkan harga produk via internet

1. Membandingkan harga produk via internet

Gates memprediksi bahwa nantinya akan semakin banyak orang yang sebelum membeli sebuah produk, mereka akan lebih dulu mencari informasi harganya di situs-situs internet. Orang-orang akan membandingkan harga untuk mencari yang termurah.

Dan kenyataannya sekarang memang itu yang dilakukan banyak orang. Sebelum berbelanja umumnya kita melakukan cross check harga di berbagai toko online.

3 dari 7 halaman

Perangkat mobile

2. Perangkat mobile

Gates meramalkan semua orang akan membawa perangkat komputer kecil kemanapun mereka pergi. Dan memang terbukti. Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone, tablet, atau bahkan sekedar ponsel fitur yang kesemuanya terkoneksi dengan jaringan internet.

4 dari 7 halaman

Keuangan digital

3. Keuangan digital

Gates meyakini sistem keuangan online akan menjadi sektor bisnis yang tak bisa terhindakan seiringan dengan pertumbuhan internet. Faktanya kini memang uang virtual menjadi salah satu lini bisnis yang sedang berkembang. Selain itu, perbankan online pun telah menjadi suatu kewajiban saat ini.

5 dari 7 halaman

Internet of Things

4. Internet of Things

Gates sangat percaya bahwa internet akan menghubungkan banyak orang dan banyak perangkat. Konsep internet of things, menurut Gates, sudah menjadi tren yang `wajib` dituruti karena kondisi dan perkembangan dunia teknologi yang memang mendukungnya. Saat ini pun faktanya sudah banyak vendor yang bergerak ke arah itu. Internet tidak hanya tersedia di komputer atau perangkat mobile, tapi juga sudah merambah peralatan rumah tangga dan alat transportasi.

6 dari 7 halaman

Media sosial

5. Media sosial

Gate di dalam bukunya menuliska, "situs pribadi yang dikelola oleh pengguna dan untuk berbagi dengan teman-teman akan membuat banyak orang terkoneksi". Ramalan Gates tersebut terwujud dalam bentuk media sosial. Ya, Facebook, Twitter, dll adalah situs pribadi seseorang tempat mereka menaruh status, berdiskusi, hingga berbagi informasi.

7 dari 7 halaman

Rekrutmen online

6. Rekrutmen online

Menurut Gates kala itu, orang-orang akan semakin mudah menemukan pekerjaan dan `menjajakan` dirinya secara online. Dan terbukti, situs pencarian kerja (job list) dan situs-situs berbasis profesional menjamur bermunculan.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.