Sukses

XL Ajak Perempuan Melek Internet dengan Sisternet

XL sebagai operator telekomunikasi ingin turut membantu mengatasi kesenjangan perempuan dan laki-laki di dunia digital.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata meluncurkan gerakan sosial untuk mendorong perempuan Indonesia lebih memanfaatkan internet melalui layanan bernama Sisternet. Gerakan ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan digital yang cukup besar antara perempuan dan laki-laki.

Diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) XL, Dian Siswarini, mengutip laporan 2014 lembaga riset independen TNS, tingkat penggunaan internet oleh kalangan perempuan di Indonesia lebih rendah 30-40 persen dibandingkan negara-negara ASEAN lain. Secara khusus, Dian merujuk negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura yang adopsi internet oleh perempuan jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia.

XL sebagai operator telekomunikasi ingin turut membantu mengatasi kesenjangan perempuan dan laki-laki di dunia digital tersebut melalui layanan-layanannya salah satunya adalah Sisternet. Gerakan sosial ini diwujudkan dengan menyediakan aplikasi Sisternet yang berisi beragam konten untuk kaum perempuan.

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur, antara lain forum diskusi para pengguna, tips kesehatan, karir, informasi gaya hidup, informasi kehidupan berkeluarga, belanja dan kecantikan. "Ini adalah gerakan sosial bersama guna membantu dan memberikan inspirasi perempuan Indonesia untuk mendapatkan manfaat maksimal dari internet, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup secara individu dan keluarga," jelas Dian di Hotel Manhattan Kuningan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Untuk memperkuat layanan Sisternet, XL bekerjasama dengan media, komunitas dan platform online untuk menjangkau kaum perempuan, sekligus menyelenggarakan kegiatan roadshow di 3 kira selama Mei - Desember 2015 untuk mengedukasi dan mensosialisasikan manfaat internet hingga e-commerce. Kendati roadshow digelar di 3 kota, Dian memastikan bahwa layanan Sisternet bisa digunakan oleh semua perempuan di mana pun.

Selain aplikasi, Sisternet juga hadir dalam bentuk layanan web dan bisa diakses melalui komputer atau perangkat mobile. Sama seperti layanan dan aplikasi online gratis lain, pengguna bisa menggunakannya kapan saja dengan berlangganan akses internet. Namun untuk akses layanan premium mencakup konten artikel, pengguna dikenakan tarif langganan Rp 5 ribu per bulan.

Pelanggan XL dan masyarakat umum bisa menggunakan layanan Sisternet dengan mengunjungi www.sisternet.co.id, sedangkan untuk perangkat Android sudah tersedia dan bisa diunduh di Google Play Store dan Gudang Aplikasi.

"Melalui Sisternet, kami berharap akan lebih banyak perempuan yang menggunakan dan memanfaatkan internet dengan efektif. Semakin banyak perempuan yang saling berbagi soal pemanfaatan internet di Sisternet, kami yakin penggunaannya pun akan ikut meluas," jelas Dian.

(din/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini