Sukses

Bagaimana Flightradar24 Tentukan Posisi Pesawat?

Flightradar24 adalah aplikasi yang mampu melacak pesawat secara real time. Bagaimana cara kerjanya?

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 dengan rute Surabaya-Singapura yang hilang terlacak terakhir kali pada pukul 06.17 WIB di antara Tanjung Pandan dan Pontianak, Kalimantan Barat. Selain itu, pesawat ini juga ternyata terekam oleh Flightradar24, sebuah aplikasi yang juga mampu merekam rute penerbangan pesawat. 

Dalam situs resmi Flightradar24, diketahui bahwa pesawat AirAsia ini terakhir kali terlihat pada pukul 06.12. Selain itu, aplikasi ini juga mampu untuk mengetahui ketinggian pesawat. Untuk urusan QZ8501, diketahui bahwa ketinggian terakhir pesawat ini adalah 32.000 kaki di atas permukaan laut.

Bagaimana Flihgtradar24 bekerja? Mengutip situs resminya, Flihgtradar24 menggunakan beberapa cara untuk mengetahui keberadaan pesawat secara real time. Cara tersebut diantaranya adalah ADS-B, MLAT, FAA, Flarm. Adapun visualisasi sebagaimana terlihat pada situsnya adalah hasil dari kombinasi beberapa cara tersebut. Bagaimana penjelasan keempatnya? Berikut ulasannya.

1. ADS-B

Automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B) adalah teknologi utama Flightradar24. Secara umum, ADS-B menggunakan satelit dan gelombang radio untuk menentukan posisi pesawat.

ADS-B pertama-tama mengirimkan sinyal yang telah diterimanya dari pesawat dengan berisi data lengkap. Gelombang tersebut kemudian ditangkap oleh perangkat penerima dan kemudian ditampilkan dalam bentuk gambar oleh Flightradar24.

2. MLAT

Multilateration atau MLAT berbeda dengan cara kerja ADS-B. Jika ADS-B dilakukan dengan memanfaatkan satelit dan gelombang radio, maka MLAT berdasarkan pada teknik navigasi yang lebih tradisional.

Pada MLAT, dua titik bandara (titik berangkat dan titik tujuan) diukur sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah kurva. Teknologi ini terus berkembang. Diantara teknologi yang berdasar pada MLAT adalah Global Positioning System atau GPS.

3. FAA

Sumber informasi lain Flightradar24 adalah FAA atau Federal Aviation Administration. FAA adalah otoritas penerbangan Amerika Serikat yang berada di bawah Departemen Perhubungan AS.

Dari lembaga ini, Flightradar24 mendapat informasi yang spesifik mulai dari nama pesawat hingga nomor penerbangan.

Berbeda dengan ADS-B dan MLAT yang memberikan informasi secara real time, data yang diperoleh dari FAA terlambat 5 menit karena kebijakan internal mereka.

4. Flarm

Flarm adalah versi sederhana dari ADS-B dengan jangkauan yang lebih pendek dan digunakan pesawat yang lebih kecil.

Di luar itu, cara kerjanya sama dengan ADS-B. Pesawat mengirimkan posisi berdasarkan GPS dan ditangkap oleh Flarm untuk kemudian dikirimkan dan divisualisasikan pada Flightradar24. 

(rio/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini