Sukses

iPhone 6 vs iPhone 6 Plus, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan smartphone generasi terbarunya, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Tahun ini tak ada iPhone versi lebih murah yang ditawarkan, seperti yang diluncurkan Apple tahun lalu melalui iPhone 5S dan iPhone 5C.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus adalah dua smartphone papan atas. Perbedaan utama dari kedua ponsel pintar ini adalah dari sisi ukurannya. iPhone 6 Plus memiliki layar yang jauh lebih besar daripada iPhone 6.  

Jika Anda bingung memilih, sebelum memutuskan membeli iPhone 6 ada baiknya Anda membandingkan dulu spesifikasi kedua smartphone ini agar bisa mempertimbangkan.

2 dari 6 halaman

Desain

Desain

iPhone 6: curve aluminium, gold/silver/grey -- tebal 6,8 mm
iPhone 6 Plus: curve aluminium, gold/silver/grey -- tebal 7,1 mm

Perubahan mencolok yang diberikan Apple pada iPhone terbaru adalah pada desain. iPhone 6 mengusung desain baru dengan bagian ujung yang membulat dan sentuhan halus. Kedua ponsel ini terbuat dari aluminium, dengan logo Apple yang dilapis baja.

Dari sisi ukuran, iPhone 6 Plus jauh lebih besar dari iPhone 6 yang standar. Jika Anda pernah menggunakan iPhone, Anda akan dapat merasakan perbedaannya saat digenggam.

iPhone 6 Plus juga lebih tebal daripada iPhone 6, meskipun keduanya tampak ramping. iPhone 6 memiliki ketebalan 6,8 mm, sedangkan iPhone 6 Plus 7,1 mm. Nyaris tidak ada perbedaan signifikan di antara keduanya.

Kedua ponsel pintar itu tersedia dalam pilihan warna grey, silver dan gold.

3 dari 6 halaman

Layar

Layar

iPhone 6: 4,7-inci -- 1334 x 750, “Retina HD” LCD

iPhone 6 Plus: 5,5-inci -- 1920 x 1080 LCD, optimisation in landscape

Layar iPhone 6 Plus jauh lebih besar dibanding iPhone 6. iPhone 6 Plus dibekali layar 5,5-inci, sedangkan iPhone 6 berukuran 4,7 inci. Tidak ada perbedaan mencolok dari sisi teknologi layar keduanya.

Kedua iPhone tersebut menggunakan IPS display. Resolusi iPhone 6 Plus juga lebih tinggi, begitu juga dengan kerapatan pikselnya. iPhone 6 memiliki kerapatan piksel 326ppi -- sama seperti iPhone 5S, sedangkan iPhone 6 Plus menawarkan kerapatan piksel 401ppi, sama seperti kebanyakan ponsel Android lain yang berukuran layar sejenis.

4 dari 6 halaman

Kamera

Kamera

iPhone 6: 8MP, 1/3.06-inch sensor, true-tone flash,f/2.2 aperture dual-LED flash, phase detection
iPhone 6 Plus: 8MP, 1/3.06-inch sensor, true-tone flash,f/2.2 aperture dual-LED flash, phase detection, OIS

Apple belum benar-benar memaksimalkan kamera pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Meski sensornya telah didesain ulang, spesifikasi inti kedua smartphone ini mirip seperti iPhone 5S.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menggunakan sensor kamera 8-megapixel (MP) dengan flash dual-tone dan lensa aperture f.2.2. Sejauh ini, spesifikasinya biasa saja. 

Fitur hardware baru yang disematkan pada iPhone terbaru Apple adalah phase detection, yang lebih cepat dari yang digunakan pada kamera ponsel biasanya. Adanya fitur optical image stabilization pada iPhone 6 Plus menjadikannya dapat digunakan untuk memotret di dalam kondisi yang minim cahaya.

5 dari 6 halaman

CPU & Kapasitas penyimpanan

CPU

iPhone 6: Apple A8 64-bit
iPhone 6 Plus: Apple A8 64-bit

Baik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sudah dibenami prosesor terbaru Apple A8. Apple mengatakan bahwa Apple A8 menawarkan kinerja CPU 20 persen lebih kencang dibanding Apple A7 dengan kinerja GPU 50 persen lebih baik.

Kapasitas penyimpanan

iPhone 6: 16/64/128GB
iPhone 6 Plus: 16/64/128GB

Tahun ini, Anda bisa memilih model 16GB, 64GB dan versi 128GB. iPhone 6 Plus berkapasitas 128GB diklaim menawarkan cukup memori untuk seratus film berkualitas SD atau 25-an film berkualitas HD.

6 dari 6 halaman

Daya tahan baterai


Daya Tahan Baterai

iPhone 6: 11 jam video, 11 jam browsing

iPhone 6 Plus: 14 jam video, 12 jam browsing

Apple ingin tetap mempertahankan kinerja baterai perangkatnya. Tahun ini, iPhone 6 sedikit mendapat perbaikan dari sisi baterai dibanding generasi sebelumnya iPhone 5S.

iPhone 6 diklaim dapat digunakan selama 11 jam untuk menonton video atau 11 jam untuk browsing. Sedangkan iPhone 6 Plus mampu bertahan selama 14 jam untuk melihat video atau 12 jam melakukan browsing.

Jadi mau pilih iPhone 6 atau iPhone 6 Plus yang berukuran lebih besar? Keputusan ada di tangan Anda. Berikut kami paparkan detil perbedaan spesifikasi kedua iPhone tersebut dalam bentuk tabel untuk mempermudah Anda membandingkannya.

Mobil Angkut Tabung Gas Meledak, Sopir Tewas
Loading