Sukses

Tips Motret di Ruangan Gelap Dari Kamera Ponsel

Berikut tips jitu untuk menghasilkan foto di kondisi cahaya minim dari kamera ponsel. Anda pasti akan terkejut melihat hasil fotonya.

Liputan6.com, Jakarta Biasanya, saat mengambil foto di ruangan atau kondisi yang minim cahaya lewat kamera ponsel, foto yang dihasilkan terlihat banyak noise. Namun jika menggunakan flash internal, foto akan terlihat over dan tidak natural.

Misalnya, jika Anda berada di sebuah restoran dengan lampu tamaram bersama pasangan, dan Anda ingin mengabadikan momen dengan ekspresi wajah bahagia lewat kamera yang ada di iPhone, Anda wajib mengikuti tips berikut ini.

Mengutip laman Huffington Post, Senin (16/6/2014), dijamin foto yang dihasilkan akan terlihat berbeda dan lebih berkualitas. Pasangan Anda pasti akan terkejut melihat foto Anda berdua yang terlihat begitu detil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NEXT

Cahaya Tambahan

Jika pasangan Anda juga memakai iPhone, pinjamlah sebentar. Pasalnya, memotret dalam gelap wajib dilakukan dengan dua kamera ponsel - satu untuk mengambil gambar dan yang satunya lagi digunakan sebagai sumber cahaya.

Kemudian cari seorang teman atau pelayan restoran untuk membantu Anda memegang iPhone yang dijadikan sebagai sumber cahaya. Lalu, pinta mereka untuk membuka fitur lampu senter dan arahkan cahaya ke wajah Anda dan kekasih Anda.  

3 dari 4 halaman

NEXT

Atur Pencahayaan

Pada langkah ini, orang yang mengatur pencahayaan harus mengarahkan cahaya dari atas agar cahaya yang dihasilkan merata. Namun ingat, orang yang membidik foto harus menonaktifkan fitur flash internal di iPhone.

Untuk melihat teknik tersebut dengan lebih jelas, lihat contohnya pada foto di atas. Meski dalam kondisi gelap, Anda tetap bisa melihatnya dengan cukup jelas.

4 dari 4 halaman

NEXT

Bedakan Hasilnya

Anda akan melihat dua foto (lihat foto di atas). Di sebelah kiri adalah salah satu yang diambil di ruangan gelap menggunakan fitur flash internal hanya dengan satu iPhone. Anda pasti berpikir bahwa hasilnya terlihat biasa saja.

Sedangkan foto yang ada di sebelah kanan, Anda akan melihat foto yang diambil di tempat yang sama dengan menggunakan teknik ini. Hasilnya, foto terlihat jauh lebih dramatis.

Perlu diketahui, teknik ini sebenarnya mirip dengan apa yang dilakukan oleh para fotografer profesional. Lalu, apa bedanya Anda dengan fotografer profesional? Selamat mencoba...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.