Sukses

Duka Endang Ditinggal Istri Wafat Sesaat Usai Tiba di Tanah Suci: Kami Ikhlas sekalipun Itu Berat

Duka mendalam dirasakan Endang, jemaah calon haji asal Ciamis usai pemakaman istrinya, Popon Rohmawati (50). Popon yang meninggal sesaat setelah tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (26/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Duka mendalam dirasakan Endang, jemaah calon haji asal Ciamis usai pemakaman istrinya, Popon Rohmawati (50). Popon yang meninggal sesaat setelah tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (26/5/2024).

Endang bercerita, sudah 11 tahun ia dan istrinya menanti hari untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima yakni haji ke Baitullah.

"Kita bareng-bareng ke Makkah. Menunggu 11 tahun, ternyata setelah ke sini kami tidak bisa bersama, dan Ibu tidak akan kembali,” tutur Endang sembari menyeka air mata, Senin (27/5/2024) dikutip dari Antara.

Dia menyatakan, selama perjalanan normal-normal saja. "Kami bergembira selama di pesawat, tidak ada masalah. Mulai kelihatan saat mengambil koper, mengeluh pusing. Langsung turun, tiba-tiba tidak ada tenaga, pingsan dan sesak, kemudian ditangani tim medis,” kata Endang.

“Ibu dinyatakan meninggal dunia setibanya di Rumah Sakit King Fadh Hospital,” sambungnya.

Dikatakan Endang, tidak ada firasat akan kepergian istrinya. Namun, selama tiga tahun terakhir istrinya benar-benar rajin menjalankan salat sunnah Duha dan tahajud. Selain itu, Almarhum Popon juga tidak pernah lepas dari bacaan Alqur’an.

“Istri saya bisa khatam Alqur’an sebulan sekali. Kalau tidak sedang haid, dia tidak pernah absen mengerjakan salat Dhuha dan salat Tahajud. Setiap malam, dia selalu membangunkan saya untuk salat malam,” kenang Endang.

Kepergian sang istri yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga dan mendidik ketiga putra-putrinya membuat anak-anaknya sangat kehilangan. Anak bungsunya yang saat ini masih duduk di kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih terus menanyakan keberadaan Ibunya.

“Kami Ikhlas, sekalipun itu berat. Allah pasti memberikan jalan yang terbaik untuk diri saya, untuk keluarga saya. Semoga Allah mengampuni terhadap dosa-dosanya, menerima amal ibadahnya, dan menempatkan almarhumah di tempat yang mulia,” doanya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibantu Petugas Haji

Kepada petugas haji, Endang yang berprofesi sebagai Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Pangandaran ini, berterima kasih atas bantuannya mengurus jenazah sang istri.

“Alhamdulillah, saya betul betul-betul terbantu oleh petugas haji. Petugas haji memang sangat membantu, membantu saya khususnya. Saya ucapkan terima kasih kepada tim petugas haji Indonesia, saya yakin tanpa mereka, entah bagaimana saya,” ungkap Endang terbata menahan air mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.