Sukses

RPH Surabaya Siapkan 9 Ton Daging Sapi untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2024

Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Surya Kota Surabaya menyiapkan pasokan daging sapi sebanyak 9 ton untuk momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Surya Kota Surabaya menyiapkan pasokan daging sapi sebanyak 9 ton untuk momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

"Kami mempersiapkan daging sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah dengan total 9 ton," kata Direktur Utama PD RPH Surya Fajar A Isnugroho, Kamis (14/3/2024).

Sebanyak 9 ton daging sapi yang disediakan oleh PD RPH Kota Surabaya itu terdiri dari 4 ton untuk memenuhi permintaan pasar hingga akhir Maret 2024 dan 5 ton lainnya untuk April 2024.

Selain itu, Fajar menyebut selama momen Ramadhan RPH turut memasok daging untuk program Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, pada 23-24 Maret 2024.

"Selain itu RPH juga menggelar Obral Daging Keliling di beberapa Pasar Tradisional di Surabaya mulai 3-6 April 2024," ujarnya.

Beberapa pasar sudah ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan program Obral Daging Keliling, diantaranya Pasar Tambahrejo, Pasar Genteng, Pasar Pucang, dan Pasar Manukan.

"Kami ingin memastikan masyarakat mendapatkan daging sapi berkualitas dengan harga ramah yang terjamin Aman Sehat Utuh dan Halal atau ASUH," ucapnya.

Sementara, berdasarkan hasil pantauan tim pengawas internal PD RPH Kota Surabaya rata-rata harga daging sapi masih relatif stabil, yakni berkisar Rp115 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram untuk kelas satu. 

"Sedangkan daging kelas dua dijual Rp110 ribu-Rp115 ribu per kilogram. Biasanya kenaikan harga sebesar Rp5 ribu-Rp10 ribu per kilogram terjadi pada sepekan sebelum lebaran dan itu lumrah," kata Fajar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RPH Surabaya Potong 178 Ekor Sapi Setiap Harinya

Kemudian untuk pasokan sapi hidup masih dalam kondisi aman, setidaknya hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Rata-rata setiap harinya RPH Surabaya mampu memotong 178 ekor sapi. Namun mendekati momen lebaran, jumlah pemotongan meningkat hingga mencapai 300 ekor.

"Sehingga diharapkan tidak sampai terjadi inflasi untuk daging sapi di Surabaya karena pasokan sapi mencukupi kebutuhan warga Surabaya selama Ramadhan sampai Idul Fitri," tutur Direktur Utama PD RPH Surya Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.