Sukses

Sejarah Penetapan Hari Museum Nasional yang Diperingati Setiap 12 Oktober

Pertemuan tersebut dihadiri 250 pengelola Museum di Indonesia. Dalam pertemuan tersebutlah dicetuskan Hari Museum Nasional yang kemudian menjadi hari penting nasional yang diperingati setiap tahunnya.

Liputan6.com, Surabaya - Tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Museum Nasional. Pada tahun 2023 ini, hari Museum Nasional yang bertepatan dengan tanggal 12 Oktober 2023 akan jatuh pada hari Kamis.

Penetapan Hari Museum Nasional bermula dari Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang digelar pada tanggal 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Pertemuan ini merupakan yang pertama kali digelar dalam rangka membahas isu-isu permuseuman di Indonesia.

Melansir dari situs Kemendikbud, musyawarah tersebut menghasilkan 10 resolusi penting bagi dunia museum Indonesia. Yang salah satunya isinya membahas tentang perlunya undang-undang tentang permuseuman.

Meski begitu, pada musyawarah pertama itu belum ditetapkan hari Museum Nasional hingga pada pertemuan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) di kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 26-28 Mei 2015.

Pertemuan tersebut dihadiri 250 pengelola Museum di Indonesia. Dalam pertemuan tersebutlah dicetuskan Hari Museum Nasional yang kemudian menjadi hari penting nasional yang diperingati setiap tahunnya.

Selain itu penetapan, pertemuan di Malang juga membahas isu-isu dan paradigma baru dalam dunia permuseuman untuk kemajuan museum nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Resolusi dalam Musyawarah Museum se-Indonesia di Yogyakarta

1. Resolusi tentang perlunya undang-undang tentang permuseuman.  

2. Resolusi pembentukan Badan Musyawarah Museum Indonesia. 

3. Resolusi pembentukan National Committee of ICOM. 

4. Resolusi mengenai desakan agar terutama Pemerintah meningkatkan pemberian bantuan kepada museum-museum yang telah ada. 

5. Resolusi penambahan jumlah museum. 

6. Resolusi agar diadakan Musyawarah Museum Seluruh Indonesia II pada tahun 1965 di Jakarta. 

7. Resolusi tentang pembinaan dan pendidikan macam-macam tenaga museum, melalui kursus-kursus aplikasi, upgrading-courses dan menyokong pikiran pendirian suatu akademi dinas di bidang museologi. 

8. Resolusi agar museologi masuk ke dalam kurikulum universitas. 

9. Resolusi agar museum secara aktif berfungsi untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama. 

10. Resolusi agar museum dijadikan alat penggalang persahabatan bangsa-bangsa serta membantu perkembangan kebudayaan dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.