Sukses

Piala Dunia U-17 Diyakini Bakal Dongkrak Pariwisata Surabaya, Stadion GBT Siap Pakai

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati menyatakan, Piala Dunia U-17berpotensi mendongkrak sektor pariwisata.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati menyatakan, Piala Dunia U-17berpotensi mendongkrak sektor pariwisata.

"Piala Dunia menjadi pemantik untuk orang bisa menikmati even ini, tentu sangat diharapkan oleh industri pariwisata," katanya, Senin (19/9/2023), dikutip dari Antara

Terdongkraknya sektor pariwisata, kata dia, bisa berdampak pada keberlangsungan roda industri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Surabaya.

"Saya berharap ini benar-benar mampu menumbuhkan ekonomi di sisi industri pariwisata," ujarnya.

Pihaknya pun kini terus mempersiapkan ketersediaan fasilitas wisata terintegrasi untuk mengakomodir kedatangan wisatawan asing maupun lokal saat turnamen sepakbola berjalan.

"Aktivitas olahraga tidak hanya cukup olahraga, karena ada even lain yang akan menjadi pendukung, apakah itu seni budaya maupun hiburan bagaimana konsepnya. Ini juga menjadi bagian dari konsep pengembangan sport tourism," katanya.

Diketahui, Tim Nasional Indonesia U-17 dijadwalkan menjalani laga pembuka melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada 10 November 2023.

Wiwiek menyatakan kesiapan Stadion GBT Surabaya untuk menggelar pertandingan terus dipantau, sekalipun sudah tidak ada catatan perbaikan dari PSSI maupun FIFA yang masuk.

"Sudah tidak ada, kami hanya melengkapi, menata, merapikan, dan sebagainya. Kami juga mengecek kembali seperti apa kesiapannya, mengecek ulang apa," ucap dia.

Dia juga mengajak masyarakat Surabaya bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan.

"Kita bangga bersama-sama, warga Surabaya harus menjadi tuan rumah yang baik untuk perhelatan ini," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Dikemas Meriah

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya bakal jadi venue pembukaan Piala Dunia U-17 2023. Stadion yang menjadi markas klub Persebaya Surabaya ini menjadi homebase tim U-17 Indonesia di penyisihan Grup A. 

Pembukaan yang meriah tengah dipersiapkan sebagai simbol berputarnya turnamen akbar di negara kita.

Pihak LOC bakal menggelar pembukaan semenarik mungkin untuk mengundang animo pencinta sepakbola kota Pahlawan dan sekitarnya.  Acara selebrasi akan berlangsung selama 12 menit jelang duel kontra Ekuador. 

Disain acara akan digarap dengan sedemikian rupa, diperkuat dengan penghibur yang tampil.

"Opening akan menarik karena akan menjadi simbol pertama kali perhelatan Piala Dunia di Indonesia. Meskipun levelnya U-17, bagi Indonesia ini adalah Piala Dunia, jadi harus meriah dan tak terlupakan," ungkap Erick Thohir, Ketua Umum PSSI yang juga Ketua LOC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.