Sukses

1.650 Siswa SMK di Jatim Bersaing di Lomba Kompetensi Siswa 2023

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin bacaan basmalah bersama-sama, tanda dibukanya Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke 31 tingkat Jawa Timur.

Liputan6.com, Jember - Sebanyak 1.653 siswa SMK Negeri dan swasta  meramaikan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke 31 tingkat Jawa Timur di lima daerah yang menjadi tuan tumah, yaitu Jember, Bondowoso, Lumajang, Kota Blitar, dan Kabupaten Pasuruan.

Ribuan siswa tersebut akan beradu kemampuan dalam 54 bidang lomba, dengan total 165 juri. Juara 1 masing-masing bidang lomba akan diikutkan dalam LKS tingkat nasional mewakili Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyemangati para siswa-siswi SMK. Dia berujar, pelajar SMK telah dibekali kompetensi mumpuni sesuai pendidikan vokasinya masing-masing.

“Saya minta kepada anak-anak semua, lulus SMK tidak sekadar mental karyawan, tapi mental pengusaha, untuk memakmurkan masyarakat Jawa Timur,” pesan Khofifah, Selasa 23 Mei 2023.

Khofifah mengajak seluruh peserta menyanyi bersama lagu Manusia Kuat gubahan Tulus, yang menurutnya lagu tersebut penuh dengan optimisme kepada kita semua.

Selain itu, Khofifah berpesan agar para siswa-siswi SMK nantinya setelah kembali ke masyarakat, apapun sektor yang dilakoninya untuk mengutamakan akhlak yang baik.

“Inti semua yang kita pelajari adalah kembali ke akhlaqul karimah,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bupati Hendy Ajak Siswa Kuliah di Jember

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dimana Kabupaten Jember juga dipilih menjadi tuan rumah LKS kali ini.

Hendy meminta para siswa untuk menghabiskan waktu lebih lama di Jember dan menikmati wisata di Jember.

“LKS ini dilaksanakan 23-26 Mei 2023, hari terakhir adalah Jumat, Saya minta para peserta yang kebagian bertanding di Jember agar jangan pulang dulu sampai Minggu, nikmati dulu pariwisata di Jember, belanja di sini," ujarnya.

Selain itu di Jember ada 13 perguruan tinggi yang bisa jadi pilihan kuliah nantinya.

"Nanti kuliahnya di Jember saja,” pinta Hendy kepada para peserta. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.